[Bagian 2] Fakta Unik Kereta Cepat di Cina – Lima Jalur Kecepatan Tinggi Pemecah Rekor Dunia

0
(Wikipedia)

Setelah pada artikel sebelumnya dikupas tentang jaringan kereta cepat Cina yang terbesar dan terpanjang di dunia, bahkan setiap harinya mengangkut sekitar dua juta penumpang, maka kereta berkecepatan tinggi yang juga disebut kereta peluru di Cina ternyata sudah ada di hampir semua ibukota provinsi selama sepuluh tahun terakhir.

Baca juga: [Bagian 1] Fakta Unik Kereta Cepat di Cina – Punya Jaringan Terbesar di Dunia dan Angkut 2 Juta Penumpang Per Hari

Perkembangan yang pesat pada kereta berkecepatan tinggi di Cina bahkan sudah menjadi fokus seluruh dunia. Adapun yang menjadi fokusnya adalah pembangunan jaringan kereta api yang menakjubkan, melesatnya jumlah penumpang dari jarak jauh yang sempat dianggap mustahil.

KabarPenumpang.com melansir laman chinadiscovery.com, ternyata ada lima rel kereta berkecepatan tinggi di Cina yang menjadi pemecah rekor. Apa saja dan ada di jalur mana? Simak ulasannya berikut.

1. The First Island – Looping HSR – Hainan HSR
Kereta berkecepatan tinggi dengan panjang 653 km di sekitaran Pulau Hainan. Jalur ini dioperasikan pada 3 Desember 2010 berbarengan dengan kereta CRH380AL. Kereta yang mengular disini adalah kereta berkecepatan tinggi pertama yang mengelilingi pulau. Dengan kereta ini, penumpang bisa mengelilingi pulau utama yang dimulai dari Bandara Phoenix sembari menikmati pemandangan laut.

2. High Latitude Area – Harbin Dalian High Speed Train
Pada Desember 2012 lalu, kereta cepat Harbin-Dalian yang melewati Liaoning, Jilin dan Heilongjiang dirancang dengan kecepatan sekitar 350 km per jam. Ini merupakan HSR pertama yang dibangun di area lintang tinggi. Apalagi dalam 30 tahun terakhir, ketiga provinsi yang dilalui kereta berkecepatan tinggi tersebut adalah daerah terdingin di musim dingin. Bahkan perbedaannya dalam setahun terakhir mencapai 80 derajat Celcius.

3. The Modern Steel and Silk Road – Lanzhou Urumqi High Speed Train
Jalur kereta berkecepatan tinggi Lanzhou Urumqi ini memiliki panjang 1776 km yang dibuka 26 Desember 2014 untuk mengurangi kemacetan. Ini merupakan jalan baca dan sutera modern yang menghubungkan bagian timur dan barat Cina. Selain menikmati jarak tempuh terpanjang dengan kereta api berkecepatan tinggi yang pertama melewati daerah angin gurun, juga bisa mendapat informasi rinci tentang HSR Lanzou Xinjiang.

4. Collapsible Loess Area – Zhengzhou Xi’an Route
Ini adalah HSR pertama yang dibangun diatas area loess dimana CRH380AL melakukan uji kecepatan tercepat di dunia yakni 486,1 km per jam dalam perjalanan dari Beijing ke Shanghai. Untuk menikmati kereta di jalur ini, jangan lupa periksa informasi yang lebih terperinci termasuk peta, jadwal, stasiun dan apa yang harus dilihat di sepanjang jalan tentang Kereta Api Kecepatan Tinggi Zhengzhou-Xi’an.

Baca juga: 10 Fakta Seputar Kereta Cepat di Cina

5. Beijing Hong Kong Express Rail Link
Jalur tautan Ekspres Beijing-Guangzhou-Shenzhen-Hong Kong akan segera selesai. Ini adalah satu-satunya HSR Cina yang memiliki persyaratan khusus. Sebab, HSR ini akan melintasi perbatasan yang membutuhkan imigrasi dan bea cukai. Bagian Hong Kong diperkirakan akan dibuka pada kuartal ketiga 2018. Pada saat itu, Hong Kong ke Shanghai akan berkurang dari 19 jam menjadi 8 jam, sementara Hong Kong ke Beijing akan berkurang dari 24 jam menjadi 9 jam.

Leave a Reply