Bajaj “Bapake, “Jadi Andalan Patroli Polres Cilacap

Bapake yang berpatroli milik Polres Cilacap

Pernah Anda membayangkan kendaraan roda tiga seperti Bajaj digunakan sebagai kendaraan patroli polisi? Mungkin beberapa diantara Anda pernah, namun berpikir itu adalah hal yang mustahil bahkan tidak mungkin terjadi apalagi di ibu kota Jakarta. Tapi ternyata salah satu Polres di Jawa Tengah membuat sebuah bajaj bisa bersanding dengan mobil LCGC maupun kendaraan sport lainnya milik kepolisian.

Baca juga: ZEV T3-1 Micro, Van Ukuran Mini yang Mirip Bajaj Qute

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Bajaj yang digunakan sebagai kendaraan patroli oleh pihak kepolisian ini ada di Cilacap. Namanya pun unik yakni Bapake (Bajaj Patroli Keamanan dan Edukasi), sehingga tidak hanya berpatroli tetapi memberikan edukasi pada masyarakat Cilacap.

Polres Cilacap ternyata sudah menggunakan Bajaj yang menjadi banyak perhatian itu sekitar satu bulan lalu. Meski baru ada satu, pihak Polres Cilacap sendiri rencananya akan menambah unit Bapake ini untuk berpatroli.

Bapake berpatroli bersama polisi Cilacap

Tenang saja, Bajaj yang satu ini tidak kalah dengan kendaraan patroli polisi lainnya, sebab kelengkapan didalam Bapake ternyata sama dengan kendaraan patroli lainnya. Karena Bapake dilengkapi dengan rotator, strobo hingga pengeras suara.

Bapake sendiri bisa terkenal dan viral di masyarakat luar Cilacap setelah ada unggahan di akun Instagram milik @satlantasrescilacap pada Kamis, 9 Agustus 2018 kemarin. Sebagai kendaraan patroli bodi Bajaj ini berwarna dasar putih dengan tambahan warna biru dan merah serta dilengkapi dengan plat dinas, stiker bergambar logo Satlatas Polres Cilacap dan stiker polisi cukup besar di bagian atas kaca depan Bajaj.

Bapake merupakan produksi TVS yakni TVS Kargo yang sudah diubah dengan livery ala kendaraan patroli Kepolisian Indonesia. Kargo menggunakan mesin Duralife 199,26 cc dan pendingin udara dengan konfigurasi 4 tak SOHC karburator.

Baca juga: Setelah 2 Tahun Tak Jelas Juntrungannya, Tiny Microlino EV Akhirnya Legal di Jalanan Eropa

Mesin yang berada di belakang bertenaga 8,58 dk di 5250 rpm dan torsi 14,95 Nm di 3250 rpm yang tersalur langsung ke as roda dari girboks sehingga membuat tarikannya lebih responsif.

Bagaimana dengan Polres di Indonesia lainnya, mau coba pakai kendaraan unik seperti di Cilacap untuk patroli?