Bandara Abu Dhabi Bangun Mega Terminal

Mega terminal bandara Abu Dhabi (The National)

Bandara Abu Dhabi di Uni Emirat Arab akan membuka fasilitas terbesarnya pada tahun 2019 mendatang. Fasilitas ini adalah mega terminal baru yang nantinya mampu menampung 84 juta penumpang per tahun dan saat ini sudah rampung 86 persen.

KabarPenumpang.com melansir dari laman gulfnews.com (9/11/2017), terminal yang mengabiskan biaya hingga Dh10 miliar UEA ini akan bisa dilihat desainnya pada kuartal terakhir tahun 2019. Tak hanya mampu menampung 84 juta penumpang, bagasi yang mampu di tampung 19.200 buah per jamnya dan memiliki 35 ribu meter persegi toko bebas bea, restoran serta hiburan.

Baca juga: Selama Ramadhan, Dirlantas Abu Dhabi Larang Truk dan Bus Beroperasi Saat Peak Hour

Dari tampilannya, terminal ini akan memiliki fasilitas yang super besar dengan ikon yang canggih. Terminal ini juga akan meningkatkan sektor penerbangan Abu Dhabi untuk memenuhi lonjakan permintaan dan membantu diversi ekonomi.

“Ini (bandara-red) adalah masa depan Abu Dhabi tampil dan berubah menjadi bangunan bandara terminal terbesar di dunia di bawah satu atap. Ini terminal adalah kebanggaan Abu Dhabi,” kata Abdul Majeed Al Khoori, chief executive petugas di Bandara Internasional Abu Dhabi.

Dia mengatakan, jika sesuai jadwal yang sudah disepakati dengan kontraktor, terminal ini akan siap pada akhir 2019. Sebab pihaknya percaya dengan tim kontraktor yang membangun terminal tersebut.

Mega terminal bandara Abu Dhabi (The National)

Dalam pembuatan mega terminal ini Al Khoori mengaku tantangannya yakni karena ukuran terminal yang super besar dan keterlibatan sistem di dalamnya.

“Tujuannya adalah menjadi yang nomor satu di dunia dalam arti customer service. Saat ini, kami adalah nomor satu di Timur Tengah dalam layanan pelanggan, tahun lalu kami mengambil bandara terbaik di Timur Tengah untuk layanan pelanggan,” tambahnya.

Sulaiman D Al Siksek, kepala staf program aksi di Bandara Internasional Abu Dhabi, juga menegaskan bahwa proyek tersebut sedang dalam proses penyelesaian setelah ditunda.

Baca juga: Bandara Abu Dhabi Cabut Larangan Elektronik Masuk Amerika Serikat

“Kami sedang membangun bangunan ikonik, ini bukan bangunan sederhana, ini adalah bangunan mutakhir. Begitu selesai, itu akan menjadi bangunan yang fantastis, tapi dengan itu banyak tantangan. Di sinilah kita sebagai tim proyek harus duduk dengan semua konsultan, kontraktor, dan semua subkontraktor untuk menjaga momentum berjalan. Ya, kami memiliki tantangan, tapi kami dapat mengatasi tantangan yang memiliki beberapa dampak pada jadwal kami. Kita sekarang bergerak maju ke penyelesaian gedung, “tambahnya.

Diketahui, selain mampu menampung 84 juta penumpang pertahun, mega terminal ini memiliki luas 742 ribu meter persegi, mampu menangani 11 ribu penumpang per jamnya dan lebih dari 15 ribu pekerja terlibat konstruksi.