Bandara Internasional Hong Kong Sabet Predikat “Bintang Lima” dari Skytrax

Bandara Internasional Hong Kong saat ini mendapatkan sertifikat penghargaan kualitas bintang lima dari Skytrax. Peringkat bintang lima menjadi level tertinggi bandara yang dilihat dari aspek layanan dan profesionalitas staf di berbagai kategori penilaian berbeda yang ada di lingkungan bandara.

Baca juga: 10 Bandara Ini Disebut Sebagai Yang Tersibuk

KabarPenumpang.com merangkum dari airlinequality.com (19/9/2017), bandara Hong Kong bisa mendapat peringkat bintang lima karena terus berinovasi untuk memberikan standar kualitas produk dan layanan yang sangat tinggi kepada para pelanggannya. Pencapaian bintang lima ini diberikan kepada bandara Hong Kong melalui efisiensi pengalaman pelanggan yang sangat baik, mulai dari saat kedatangan, keberangkatan ataupun pelayanan penumpang transit.

Tak hanya itu, bandara ini juga mendukung fasilitas perbelanjaan, makanan dan minuman yang tersebar di seluruh area terminal. Tahun 2017 para pelancong menyebutkan di World Airport Awards bahwa bandara Hong Kong merupakan bandara dengan tempat makan terbaik di dunia. Pasalnya, bandara Hong Kong menawarkan hampir 70 merek makanan dan minuman yang berbeda, bahkan terbagi beberapa pilihan baik lokal maupun internasional. Sebagai bandara yang juga menjadi tempat transit semua pelancong dunia, bandara Hong Kong juga menghadirkan restoran lokal ternama, yakni Michelin.

Sebagai bandara bintang lima, bandara Hong Kong memiliki transportasi umum yang terkoneksi ke sekitaran kota Hong Kong dan Cina Daratan dengan sangat baik dan menjadi bagian mendasar dari kesuksesannya. Dalam waktu dekat juga akan membuat koneksi jalan baru menuju Makau dan Delta Sungai Mutiara dari bandara untuk memudahkan akses bagi jutaan penumpang.

Dalam 12 bulan terakhir, bandara internasional Hong Kong telah memperkenalkan sistem informasi dengan fasilitas baru dan meningkatkan branding serta visibilitas untuk pilihan perbelanjaan dan tempat makan yang luas. Dari hasil audit rating, yang paling terlihat dan menjadi perhatian adalah standar kebersihan di sekitar bandara.

Baca juga: Adopsi Airport City, Tujuh Bandara Ini disebut Sebagai Ternyaman di Dunia

Bandara Hong Kong mempertahankan standarnya dengan maksimal sembari terus memperbaharui dekorasi dan interior untuk tetap menjadi bandara bintang lima dari tahun ke tahun. Skytrax menyelesaikan evaluasi auidt kualitas bandara internasional Hong Kong pada Juli 2017 kemarin dan memeriksa semua area produk dan layanan di seluruh fasilitas operasional terminal secara rinci.

Adapun penilaian yang dilakukan Skytrax pada bandara untuk memberikan peringkat lima yakni mencapai kinerja Kualitas keseluruhan tertinggi dan mengenali bandara-bandara yang menyediakan fasilitas terbaik untuk pelanggan, kemudian dikombinasikan dengan layanan staf bandara berkualitas tinggi. Rangkuman Kualitas Bandara mencakup area garis depan untuk keberangkatan, kedatangan dan transfer (transit), termasuk fasilitas bandara, layanan pelanggan, keamanan, imigrasi, gerai toko dan fasilitas makanan serta minuman.

World Airport Rating adalah program peringkat kualitas bandara global yang dioperasikan oleh Skytrax, organisasi pemeringkat udara internasional. Penilaian ditentukan melalui analisis kualitas standar langsung dan profesional, dan Rating Bintang Bandara diakui sebagai patokan global standar bandara. Skytrax World Airport Rating, diperkenalkan pada tahun 1999, adalah sistem penilaian Bandara internasional terkemuka yang mengklasifikasikan bandara dengan kualitas standar produk dan layanan terdepan. Airport Rating mulai dari bintang satu hingga ke bandara bintang lima bergengsi.

Sedangkan untuk peringkat Bandara Regional bintang lima diperkenalkan oleh Skytrax pada akhir tahun 2016, untuk memungkinkan pengakuan yang benar terhadap bandara yang lebih kecil, dan bandara-bandara yang fokus terutama pada operasi rute regional. Sementara bukan hub mega global, ini adalah bandara yang memberikan tingkat kualitas tertinggi kepada pelanggan mereka dan memenuhi persyaratan bintang yang ketat. Bandara Regional bintang lima pertama (Bandara Chubu Centrair Nagoya) diumumkan pada bulan Februari 2017.

Berikut ini beberapa bandara yang mendapatkan predikat bandara dengan bintang lima dari Skytrax
– Bandara Haikou Meilan (Regional 2017)
– Bandara Internasional Hamad
– Bandara Internasional Hong Kong
– Bandara Munich
– Bandara Nagoya Chubu Centrair (Regional 2017)
– Bandara Internasional Seoul Incheon
– Bandara Changi Singapura
– Bandara Internasional Haneda Tokyo