Thursday, June 13, 2024
HomeBandaraBandara Internasional King Fahd, Bandara dengan Wilayah Terluas di Dunia

Bandara Internasional King Fahd, Bandara dengan Wilayah Terluas di Dunia

Predikat pada bandara ada beragam, dari mulai bandara terpadat sampai bandara terbesar. Mamun, jangan dilupakan ada predikat bandara dengan predikat terluas, yang dilihat dari total luas wilayah. Nah, tahukah dimana bandara terluas di dunia ini? Dengan geografi berupa dataran luas yang datar, negara-negara di Timur Tengah jelas punya keuntungan untuk mewujudkan bandara dengan luas super.

Baca juga: Berdasarkan Luas Lahan,10 Bandara Ini Jadi Yang Terbesar di Dunia

Bandara Internasional King Fahd (IATA: DMM, ICAO: OEDF) adalah bandara yang memiliki area seluas sekitar 780 kilometer persegi (sekitar 301 mil persegi), menjadikannya bandara terluas di dunia berdasarkan luas daratan yang dimiliki.

Bandara utama ini terletak di Dhahran, Provinsi Timur, Arab Saudi. Bandara ini diberi nama Raja Fahd untuk menghormati Raja Fahd bin Abdulaziz Al Saud, yang merupakan tokoh penting dalam sejarah Arab Saudi dan memegang berbagai posisi pemerintahan, termasuk Raja Arab Saudi dari tahun 1982 hingga 2005. Ia juga merupakan Raja Arab Saudi saat pembangunan bandara ini dimulai.

Gagasan untuk membangun bandara internasional di Dhahran muncul pada tahun 1970-an ketika pengembangan ekonomi dan industri di wilayah Timur Arab Saudi sedang berlangsung. Rencana ini segera mendapat dukungan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Bandara Internasional King Fahd dibuka secara resmi pada tahun 1999. Bandara ini dibangun untuk menggantikan Bandara Dhahran yang sebelumnya digunakan sebagai bandara utama di wilayah Timur.

Bandara King Fahd berfungsi sebagai hub penting bagi beberapa maskapai penerbangan, termasuk Saudia (Saudi Arabian Airlines), maskapai penerbangan nasional Arab Saudi. Ini adalah pusat utama bagi Saudia dan menyediakan koneksi ke berbagai tujuan domestik dan internasional.

Bandara ini terus mengalami perkembangan dan perluasan untuk mengakomodasi peningkatan lalu lintas udara dan meningkatkan fasilitas bagi penumpang. Pada tahun 2009, bandara ini meluncurkan Terminal 2 yang lebih besar untuk menangani jumlah penumpang yang semakin meningkat.

Bandara Internasional King Fahd (DMM) memiliki dua terminal penumpang utama:

Terminal 1 (T1) adalah terminal internasional utama di Bandara King Fahd. Ini melayani sebagian besar penerbangan internasional dan merupakan pintu gerbang bagi penumpang yang datang ke Arab Saudi dari luar negeri. T

Terminal 2 (T2) adalah terminal domestik dan regional yang lebih baru. Dibuka pada tahun 2009, terminal ini dirancang untuk menangani jumlah penumpang yang semakin meningkat, terutama pada rute-rute domestik dan regional.

Baca juga: Inilah Sejumlah Fakta Unik dari Flag Carrier Arab Saudi, Saudi Arabian Airlines!

Kapasitas penumpang Bandara Internasional King Fahd (DMM) adalah salah satu yang terbesar di wilayah Timur Tengah. Pada tahun 2019, Bandara King Fahd mencatat lebih dari 11,5 juta penumpang.

Namun, bandara ini memiliki kapasitas yang cukup besar dan dapat menangani lebih banyak penumpang dalam satu tahun. Kapasitas ini mencakup layanan penerbangan domestik dan internasional, yang melibatkan berbagai maskapai dan tujuan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru