Bandara Internasional Yogyakarta Mulai Beroperasi, Citilink Jadi Maskapai Pertama?

Citilink Airbus A320

Bandara Internasional Yogyakarta mulai (YAI) beroperasi pada 29 April 2019 kemarin. Bandara baru ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I dan nantinya untuk menggantikan Bandara Adisutjipto. Yang jadi pertanyaan kemudian, apakah dengan kehadiran bandara baru ini sudah ada maskapai yang mulai mengisi slot penerbangan?

Baca juga: Sertifikat Bandara Terbit, Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Siap Dioperasikan

Dari beberapa kabar yang didapat, maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink dikabarkan siap memindahkan rute penerbangannya dari Bandara Adisutjipto ke Bandara Internasional Yogyakarta yang berada di Kulon Progo. Dikutip dari iNews.id (29/4/2019), penerbangan perdana rencananya akan dilakukan pada 6 Mei 2019 mendatang. Sedangkan untuk uji cobanya sendiri pada 2 Mei 2019.

“Jadi ada satu penerbangan yang kita geser ke YIA,” ujar VP Network PT management Garuda Indonesia Teten Wardaya. Ia mengatakan ada enam penerbangan dari Halim Perdanakusuma dengan tujuan Bandara Adisutjipto. Nantinya satu dari enam penrerbangan itu yang akan digeser ke bandara baru Yogyakarta.

Namun, dia menjelaskan bahwa intensitasnya tidak setiap hari dan ada tiga penerbangan dalam seminggu. Teten mengatakan, bila nantinya animo masyarakat bagus, maka akan di tambah jadwalnya.

Menurutnya, Citilink sengaja tidak langsung membuka penerbangan ke YIA dalam jumlah banyak karena melihat kebutuhan pasarnya. Tak hanya itu, maskapai ber-livery hijau ini sudah melakukan promosi ke sejumlah daerah tujuan dan keberangkatan.

“Tidak mudah memindahkan pengguna jasa dari Adisutjipto ke YIA,” ujar Teten.

Dia menjelaskan, untuk memudahkan perkembangan di YIA yakni dengan melakukan pembatasan penerbangan ke Adisutjipto. Salah satu caranya adalah dengan maskapai melakukan pemindahan rute.

Teten menambahkan, YIA memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi bandara internasional. Diketahui, tingkat load faktor penerbangan dari Halim Perdanakusuma menuju ke Yogyakarta mencapai 80 persen dan pada masa lebaran akan terjadi peningkatan.

Namun, KabarPenumpang.com yang menghubungi pihak Citilink masih belum bisa mendapatkan konfirmasi yang jelas terkait rute tersebut.

Baca juga: NYIA Kulon Progo Beroperasi Pertengahan 2019, Inilah Kesiapan Kereta Bandaranya

“Belum jelas informasinya. Nanti bila sudah pasti akan kita kabari,” ujar humas Citilink Ageng kepada KabarPenumpang.com, Selasa (30/4/2019). Pihak AP I pun mengatakan, hingga saat ini belum ada maskapai yang mendaftarkan penerbangannya ke YIA.