Bandara Lapisi Lantai dengan Karpet, Ternyata Ini Alasannya!

0
Ilustrasi Bandara. Foto: Istimewa

Ada yang khas saat masuk bandara internasional, dari sekian fasilitas plus yang ditampilkan, bandara internasional identik dengan penggelaran karpet pada lantainya. Adanya karpet pasti membuat Anda berpikir akan menghambat roda koper dan seharusnya lantai bandara tak perlu di lapisi atau dibiarkan dengan lantai biasa.

Baca juga: Saking Nyamannya, 9 Bandara Ini Buat Penunjungnya Lupa Pulang

Selain itu juga karpet tidak mudah untuk dibersihkan apalagi di bandara yang selalu penuh dengan para pelancong. Padahal tahukah Anda bahwa sebenarnya karpet merupakan salah satu dari banyak perencanaan bandara dan ternyata juga memiliki manfaat lain?

KabarPenumpang.com merangkum dari laman travelandleisure.com (14/11/2017), dengan adanya karpet ini memberikan elemen desain sederhana dan membantu pelancong merasa lebih rileks sebelum masuk ke dalam kabin. Selain karpet, pihak bandara juga menyertakan pencahayaan alami, kursi nyaman, dan langit-langit yang lebih rendah. Desain ini membuat calon penumpang serasa berada di ruang tamu rumahnya.

Jika calon penumpang sudah merasa nyaman untuk duduk, bisa jadi mereka merasa betah dan tertarik untuk berbelanja. Ya, bila diperhatikan, di sekitar gerbang keberangkatan terdapat beberapa toko ritel yang menjual barang dagangan tertentu. Menurut sebuah survei, sebanyak tujuh persen calon penumpang yang merasa nyaman dan rileks akan menghabiskaan waktu di toko ritel tersebut dan membeli barang.

Hal itu tentu membawa keuntungan tersendiri. Strategi lain yang diterapkan adalah menempatkan sedikit pelayan di toko ritel tersebut sehingga calon penumpang lebih nyaman dan bebas melihat barang yang dijual.

Baca juga: 7 Tips Belanja Indah di Bandara Changi

Memang terkadang ada orang yang tidak suka diganggu oleh pelayan toko saat hendak membeli barang. Ketidaknyamanan itu membuat calon pembeli meninggalkan toko.

Salah satu bentuk pemanfaatan kenyamanan lain untuk mendapatkan keuntungan ekonomi dari calon penumpang adalah menyediakan layanan jasa. Beberapa bandara menyediakan ruang khusus untuk spa, yoga, dan bahkan terapi. Hal ini tentu bisa membuat calon penumpang tertarik dan tidak segan mengeluarkan sejumlah uang.

Leave a Reply