Bandara Luxembourg Siap Adopsi Sistem Keamanan Baru nan Canggih

Luxembourg Airport. Sumber: lequotidien.lu

Interdisciplinary Centre for Security, Reliability and Trust (SnT) University of Luxembourg telah menguji sistem keamanan bandara berteknologi tinggi di Luxembourg Airport. Uji coba sistem ini diharapkan dapat menguji potensi lingkungan bandara tanpa pencarian acak dan antrean panjang. Tim ilmuwan, teknisi, dan staf bandara yang tergabung di dalam sebuah konsorsium bernama FLYSEC saling bekerja sama untuk menguji coba sistem end-to-end cerdas. Sistem ini diklaim mampu menganalisis perilaku penumpang di zona tertentu, riwayat perjalanan, hingga profil pemesanan.

Baca Juga: Rahasia di Bandara yang Tak Semua Diketahui Penumpang

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman passengerterminaltoday.com (7/11/2018), dalam uji coba ini, tim memasang sensor di seluruh bandara guna melacak 100 sampel yang berperan sebagai penumpang dimana masing-masing penumpang memegang peranan berbeda layaknya skenario di bandara. Adapun tim membutuhkan waktu sekitar tiga tahun dalam mengembangkan sistem keamanan baru ini.

Di dalam sistem, smart kiosk akan memverifikasi dokumen perjalanan dan menggunakan data catatan nama penumpang guna mengidentifikasi profil pemesan. Pada bagian lain, sistem akan memberi tahu staf tentang tingkah penumpang yang mencurigakan di dalam bandara dengan menggunakan analisis pola pergerakan.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, diharapkan penggunaan sistem keamanan cerdas semacam ni dapat memangkas antrean dan tindakan pengamanan yang mengganggu – dimana itu akan berimplikasi kepada ketidakpuasan penumpang di bandara.

“Karena analisis ini didasarkan pada data mentah dan mengabaikan hal-hal yang memicu kepada penggolongan SARA seperti warna kulit atau simbol agama – proses kami tidak hanya lebih efisien tetapi juga bisa dibilang lebih etis,” ujar salah seorang peneliti dari SnT, Aurel Machalek.

“Menurut kami, ini merupakan solusi teknis, karena kami tidak hanya mencampur-adukkan banyak teknologi dan data baru ke sektor keamanan bandara, tetapi juga peranan manusia dalam mengembangkannya. Semua semata-mata demi meningkatkan pengalaman bagi penumpang dan staf,” tandasnya.

Baca Juga: Ben Gurion, Bandara Paling Aman dengan Standar Keamanan Tertinggi di Dunia

Sedangkan di sisi lain, kepala keamanan Luxembourg Airport, Daniel Conrardy mengatakan sangat gembira FLYSEC dapat menguji coba dan bahkan meluncurkan layanan keamanan baru ini di Luxembourg Airport.

“Menjadi bandara kecil di salah satu negara terkecil di Eropa, saya bangga bahwa Luxembourg Airport dipilih untuk berpartisipasi dalam proyek FLYSEC yang menantang ini. Itu adalah pengalaman hebat bagi saya dan seluruh tim saya,” tutur Daniel.