Bandara Pakyong di Timur Laut India, Tawarkan Eksotisme Himalaya

Bandara Pakyong. Sumber: CNN.com

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana rasanya lepas landas atau mendarat di sebuah bandara yang memiliki lanskap pegunungan Himalaya? Wah, pasti keren banget ya! Nah, sekarang Anda tidak perlu repot-repot membayangkannya lagi, karena Bandara Pakyong siap untuk memanjakan setiap pengunjung yang datang atau hendak bertolak dari bandara yang terletak di Sikkim, sebelah Timur Laut India ini.

Baca Juga: Berada di Atas Awan, Daocheng Yading Jadi Bandara Tertinggi di Dunia!

Bertengger di ketinggian 1.400 mdpl, bandara yang baru dibuka pada 24 September 2018 ini masuk ke dalam salah satu bandara tertinggi di India. Tidak hanya itu, Bandara Pakyong juga menyandang predikat sebagai greenfield airport pertama di wilayah Timur Laut India.

Dilansir KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, greenfield airport merupakan bandara yang mencerminkan kualitas lingkungan tertentu. Biasanya bandara ini akan menggunakan lahan kosong yang sebelumnya belum pernah dikembangkan. Sementara itu, lahan hijau (green field) yang dimaksud di sini didefinisikan sebagai hamparan lahan luas yang masih alami seperti padang rumput.

Sumber: News on Screen

Adapun bandara yang menduduki lahan seluas 900 hektar ini diharapkan dapat membantu peningkatan pendapatan daerah Sikkim, terutama di sektor pariwisatanya. Ya, Sikkim seolah merupakan gerbang menuju daerah-daerah di sekitarnya seperti Bengal Barat di sebelah Selatan dan Bhutan di sebelah Timur.

Dikutip dari laman telegraph.co.uk, bandara yang memiliki ukuran landas pacu 1.700m x 30m ini akan mulai mengoperasikan penerbangan perdananya pada 4 Oktober mendatang. Pembangunan bandara ini diperkirakan menelan dana hingga US$68,7 juta atau yang setara dengan Rp1,03 triliun. “Pembangunan bandara ini merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa,” ujar Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Baca Juga: Bandara-Bandara Tertinggi di Dunia, Sebagian Besar Berada di Cina

Salah satu keindahan lanskap yang bisa Anda lihat dari Bandara Pakyong adalah Gunung Kanchenjunga, gunung tertinggi ketiga di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori. “Sikkim adalah salah satu negara bagian terindah di India, dimana tanaman dan tanahnya tergolong cukup subur karena curah hujan yang cukup tinggi. Penampakan Gunung Kanchenjunga yang menjulang semakin menambah keajaiban dari tempat ini,” ujar salah satu pelancong yang pernah mengunjungi Sikkim pada tahun 2010 silam, Jon Stock.

Duh, jadi semakin penasaran ya sama bandara berkode PYG ini! Sekiranya Anda ada kesempatan, jangan lupa untuk mengudara dari sini dan nikmati lukisan Sang Pencipta.