‘Bangunkan’ Anak dengan Tusuk Gigi, Penumpang MRT Singapura Viral di Medsos

(asiaone.com)

Tak salah mempertahankan ruang pribadi di dalam kendaraan umum, tapi bila hal itu bisa menyakiti penumpang lain bagaimana? Baru-baru ini seorang wanita di Singapura menghadirkan dilema moral dalam sebuah foto yang dibagikan warganet.

Baca juga: Ketahuan Mondar-Mandir di Gate, Dua Penumpang MRT Ternyata Ikut Uji Coba SimplyGo

Pasalnya wanita di dalam foto yang beredar di medsos terlihat mengulurkan sebuah tusuk gigi ke arah seorang anak yang tertidur disebelahnya. Fotonya tersebut bahkan sudah diunggah dalam reddit di sebuah grup bernama trashy yang berisikan 1,4 juta anggota internasional.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman asiaone.com (8/7/2019), foto asli tersebut dikonfirmasi diambil di MRT Singapura. Dari tulisan unggahan pada reddit tersebut, disebutkan anak itu berusia sekitar empat atau lima tahun dan tengah tertidur pulas saat itu.

Kemudian setelah melihat anak tertidur tersebut, sang suami meminta bertukar tempat, tetapi wanita itu memilih untuk memegang sebuah tusuk gigi tepat dekat kepala anak itu saat menyender di lengannya. Melihat tusuk gigi itu, wali sang anak kemudian memindahkannya ke kursi lain.

Pada unggahan foto, caption yang diberikan adalah “Respons wanita sampah terhadap seorang anak kecil yang tertidur di lengannya beberapa kali”. Awalnya ini untuk mempermalukan wanita itu tetapi tidak semua warganet menanggapi hal itu.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa wali anak itu yang salah karena tidak menahan sang anak yang tertidur hingga mengganggu orang lain. Adapula yang mengatakan, bahwa wanita itu berhak melindungi area pribadinya meski dalam angkutan umum.

Tak hanya itu, ada juga yang menyalahkan sang anak dan menyebutnya aneh serta mengkritik perilakunya. Meski begitu banyak juga yang mengomentari bila perilaku wanita itu salah karena tidak ada alasan untuk mencoba menusuk anak dengan tusuk gigi.

Baca juga: “Citizens on Patrol” Bantu Polisi Patroli di MRT Singapura

Para warganet juga mengatakan, seharusnya wanita itu mengatakan pada wali anak tersebut ketika tidur bersandar di lengannya. Hingga ada yang mengatakan wanita itu harusnya bisa memahami seorang anak. Hal ini pun menjadi perdebatan hingga akhirnya mengingatkan agar tidak tidur dan bersandar pada orang lain, tetapi juga tidak dibenarkan menunjukkan benda tajam seperti tusuk gigi kepada anak-anak yang mengantuk.