Bantu Kurangi Polusi Udara, Bajaj Listrik Piaggio Ape Mulai Merambah India

0
(Piaggio)

Tuk-tuk (Bajaj) dan becak masih menjadi peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di kota-kota India. Sebab angkutan umum ini tak hanya sebagai layanan pengantaran tetapi berfungsi sebagai bisnis mikro seluler yang menjual makanan dan barang-barang lainnya.

Baca juga: Bersama Yulu, Bajaj Auto di India Terjun ke Bisnis Sewa Skuter Listrik

Piaggio Ape yang merupakan kendaraan roda tiga serbaguna pertama kali diperkenalkan 70 tahun lalu belum lama ini menerima makeover listrik di jalan-jalan sibuk India. Kendaraan roda tiga Ape E-City ini merupakan versi listrik dari transporter Piaggio yang mengadirkan baterai sebagai bahan bakar agar bisa menjalankannya.

(Piaggio)

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (18/12/2019), kehadiran bajaj listrik Ape ini membantu menurunkan polusi udara di India agar lebih baik. Sebab India juga merupakan salah satu negara dengan polusi udara terburuk.

Selain itu, Program Adopsi dan Pabrikan Kendaraan Hibrida dan Listrik (FAME) yang lebih cepat mendorong mobilitas listrik melalui pengurangan pajak barang dan jasa pada kendaraan ini, di antara insentif lainnya. Piaggio Ape yang baru masuk dan di perkenalkan di New Delhi menjadi pintu masuknya pasar kendaraan komersial listrik di India.

Diketahui, Piaggio Ape akan dihadirkan dengan tenaga baterai dari perusahaan energi India Sun Mobility yang memungkinkan baterai ketika habis bisa diisi dengan waktu kurang dari dua menit. Swap ini akan berlangsung di jaringan stasiun pengisian Sun Mobility, yang diperkirakan akan mencakup 50 lokasi di sepuluh kota di India pada Maret 2020.

Stasiun-stasiun ini akan mampu menangani hingga 150 pengisian baterai per hari, dengan pelanggan mendapatkan akses melalui Model “pay-as-you-go”.vMenurut Sun Mobility, pendekatan “baterai sebagai layanan” ini adalah kunci dalam menurunkan biaya pembelian di muka untuk Ape E-City, membuatnya setara dengan versi pembakaran internal.

Baca juga: Jajal Tuk Tuk, “Bajaj” dengan Argometer di Bangalore, India

“Di Piaggio, kami percaya dalam memberikan solusi pemecahan jalur di segmen transportasi mil terakhir dengan penawaran teknologi terbaik di kelasnya kepada pelanggan kami. Kemitraan kami dengan Sun Mobility akan memungkinkan pelanggan untuk mengalami eco-system baterai pintar inovatif, cerdas, dan unik swappable di India,” kata Diego Graffi, CEO Piaggio Vehicles.

Leave a Reply