Baru 3 Tahun Beroperasi, Moskow Kini Punya 800 Armada Bus Listrik

0
Moskow mengoperasikan salah satu armada bus terbesar di Eropa. Foto: Intelligent Transport

Bus listrik mulai merambah transportasi dunia. Selain mengurangi emisi karbon, kebisingan dalam perjalanan pun berkurang. Sebagian besar negara di dunia, juga sudah mulai menggunakan bus listrik dan beberapa diantaranya baru ada yang melakukan uji coba.

Baca juga: Satu Armada Bus LIstrik Kembali Diuji Coba TransJakarta di Rute Blok M–Balaikota

Seperti Moskow sudah memiliki dan mengoperasikan bus listrik sejak 2018, dan kini ibu kota Rusia itu tengah merayakan peluncuran bus listrik mereka yang ke 800. Tak hanya itu, Moskow juga memiliki tujuan untuk menambahkan armada bus listrik mereka menjadi seribu dan akan beroperiasi pada akhir tahun 2021.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman intelligenttransport.com (14/10/2021), bus listrik ke 800 itu telah melintasi jalan-jalan ibu kota Rusia. Bus listrik itu dirakit di eco-plant SVARZ oleh KAMAZ, yang dibuka pada April 2021.

Bus listrik ke 800 tersebut dimiliki oleh Mosgortrans yang adalah operator utama angkutan umum perkotaan di Moskow yang kini beroperasi di selatan kota. Meski bus listrik baru hadir tiga tahun, tetapi transportasi ini sudah diluncurkan di 61 rute bus dan menempuh 58 juta km serta mengangkut lebih dari 128 juta penumpang.

Memiliki bus listrik dengan jumlah ratusan dan ditargetkan seribu di akhir tahun, membuat Moskow secara aktif mengembangkan infrastruktur pengisian daya. Hingga saat ini sudah ada lebih dari 150 struktur pengisian di kota.

Pihak berwenang mengatakan, hingga akhir 2023 mendatang, jumlah infrastruktur pengisi daya akan meningkat hingga 500 stasiun. Kemudian secar resmi, pemerintah Moskow akan meluncurkan 200 lebih kendaraan listrik baru menjelang akhir tahun 2021 dan akan ada seribu bus listrik yang beroperasi di Moskow pada tahun 2022.

“Pada tahun 2021, Moskow telah berhenti membeli bus diesel untuk operator angkutan umum permukaan. Saat ini, kota ini berfokus pada alternatif ramah lingkungan dan mengikuti tren pasar kendaraan listrik di seluruh dunia,” kata Maksim Liksutov, Wakil Walikota Moskow untuk Transportasi.

Baca juga: VinBus, Inilah Model Bus Listrik Modern Produksi Vietnam

Dia mengatakan, menurut Departemen Transportasi Moskow Moskow dianggap memiliki armada bus listrik terbesar di Eropa. Sebab semua rute kota akan dioperasikan oleh bus ramah lingkungan pada tahun 2030. Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Moskow akan membeli lebih dari 500 bus listrik per tahun, serta mengembangkan hidrogen yang inovatif dengan model bus buatan bersama KAMAZ dan RUSNANO.