VinBus, Inilah Model Bus Listrik Modern Produksi Vietnam

0
Bus listrik pertama di Vietnam dioperasikan VinBus (vietnamnews.vn)

VinBus adalah model bus listrik yang diproduksi oleh VinFast di Kompleks manufaktur mobil di Hai Phong, Vietnam. Bus ini menggabungkan banyak teknologi modern dengan fitur terpintar dan aman sesuai dengan strategi pengembangan seri bus listrik pintar VinFast saat ini.

Baca juga: BYD, Keihan Bus dan Kansai Electric Power Bangun Jalur Bus Listrik Pertama di Jepang

Bus tersebut didesain dengan warna hijau primer ramah yang menegaskan orientasi investasi dan pengembangan ekosistem VinFast dalam sarana transportasi cerdas dengan menggunakan energi hijau ramah lingkungan dan perlindungan kesehatan masyarakat. Sebagai bus listrik pintar, VinBus memberi penumpang kenyamanan dan pengalaman aman yang luar biasa.

Bahkan bus dilengkapi dengan sistem otomatis yang mengontrol perilaku pengemudi dan memperingatkan bahaya yang tidak aman. Kemudian ada mode penurunan otomatis bodywork yang cocok untuk orang tua, anak-anak, orang cacat atau disabilitas serta wanita hamil.

VinBus juga dilengkapi dengan papan elektronik yang mengumumkan pemberhentian selanjutnya. Ada pula WiFi gratis, port pengisian USB, monitor hiburan dan sistem kamera keamanan dan kontrol jadwal, alarm balik dan pemantau parkir.

Dikutip KabarPenumpang.com dari vietnamnews.vn (9/4/2021), bus listrik asal Vietnam ini memiliki baterai berkapasitas 281 kWh, mampu melaju hingga 220-260 km. Bus dapat terisi penuh dengan cepat hanya setelah dua jam di sistem stasiun pengisian cepat 150kW VinBus dengan teknologi pengisian daya terkemuka di dunia yang disediakan oleh StarCharge.

Semua bus VinBus akan dikelola dan dioperasikan secara cerdas melalui pemantauan terpusat, pengisian daya, inspeksi keselamatan, pemeliharaan, perbaikan dan pembersihan otomatis di stasiun Depot yang diatur secara ilmiah sesuai dengan jalur utama VinBus. Standar konstruksi stasiun Depot berada di kampus lebih dari satu hektar, atap dilengkapi dengan panel surya, memastikan pasokan energi untuk kegiatan Depot, berkontribusi untuk mengurangi beban tekanan sumber listrik untuk sistem tenaga nasional, perlindungan lingkungan.

“Dengan motto “Melayani dari hati”, kami percaya bahwa produk bus listrik VinBus yang modern, cerdas, aman dan layanan khusus VinBus akan membuat perbedaan, tidak hanya meningkatkan pengalaman perjalanan masyarakat; tetapi juga menciptakan hit untuk mengubah kebiasaan bepergian. Sehingga mengurangi polusi udara dan suara, berkontribusi pada penciptaan lalu lintas hijau di Vietnam,” kata Nguyen Van Thanh, Wakil Direktur Jenderal VinBus.

Baca juga: TransJakarta Mulai Uji Coba Komersial Bus Listrik Rute Balai Kota-Blok M

Pertama, VinBus akan mengoperasikan jalur internal di Vinhomes Ocean Park, dan dengan persetujuan otoritas terkait negara akan membuka lebih banyak jalur bus untuk terhubung ke jaringan dan terhubung ke sistem transportasi penumpang umum kota, melayani banyak orang.

Leave a Reply