Belmond Andean Explorer, Kereta Tidur Pelintas Pegunungan Andes

0
Sumber: cnn

Kereta mewah identik dengan adanya fasilitas gerbong tidur (sleeper train). Tapi akan jadi nuansa berbeda jika sleeper train melewati rute-rute wisata yang unik nan menantang. Setelah Oriental Desert Express yang melintasi lautan gurun dan padang pasir di Maroko, kini ada sosok sleeper train yang tak kalah unik dari tema jalur yang dilalui. Adalah Belmond Andean Explorer, kereta wisata mewah di Peru yang melaju di alur Pegunungan Andes yang punya ketinggian 12.000 kaki (setara 3.657 meter) dari atas permukaan laut.

Dengan ditarik lokomotif diesel listrik, Belmond Andean Explorer menjadi kereta mewah yang melaju di kawasan tertinggi, dan membawa penumpangnya menuju sensasi kubah dunia, beserta mengelilingi berbagai tempat yang memiliki keindahan alam maupun tempat-tempat bersejarah.

Baca Juga: Oriental Desert Express, Sensasi Kereta Mewah Pelintas Padang Pasir

Meski menawarkan konsep gerbong klasik ala tempo doeloe, sejatinya Belmond Andean Explorer adalah kereta baru yang baru beroperasi pada Mei 2017 lalu. Dengan beroperasinya Belmond Andean Explorer, maka kereta ini menjadi kereta tidur pertama yang ada di Belahan Amerika Selatan. Kereta ini akan melewati beberapa spot yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penumpangnya, seperti Cusco, Danau Titicaca, dan Arequipa. Latar belakang pegunungan Andes yang akan menemani perjalanan Anda menggunakan Belmond Andean Explorer dipastikan akan mengundang decak kagum karena keindahannya alamnya.

Dapat langsung terbayangkan oleh Anda kesejukan udara di sini, karena kereta tidur ini akan membawa Anda ke ketinggian 3.657 meter. Total, selama tiga hari Anda akan dibawa berkeliling dengan menggunakan Belmond Andean Explorer dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 456 mil, atau setara 733 km.

Baca Juga: India Hadirkan Kereta Kubah Kaca Untuk Tarik Wisatawan

Di beberapa titik, kereta akan berhenti dan Anda dapat menikmati segarnya udara yang jauh dari polusi perkotaan dan Anda juga dapat menikmati beberapa atraksi yang disuguhkan oleh warga lokal. Selama perjalanan tersebut kereta akan melewati Colca Canyon, sebuah lokasi yang digadang-gadang sebagai jurang terbesar kedua di dunia, dengan ketinggian kurang lebih sekitar 14.000 kaki (4.267 meter). Hamparan persawahan hijau akan memanjakan mata Anda kala melewati Colca Canyon.

Danau Titicaca. Sumber: cnn

Keindahan panorama lainnya akan tersaji ketika Anda melewati Danau Titicaca. Di sini, Anda dapat mengikuti tur privat ke pulau terapung yang berada di tengah danau untuk menikmati makan siang sembari mengagumi panorama pegunungan La Paz yang cantik. Tak hanya itu, Anda juga akan diajak mengunjungi Arequipa, sebuah kota yang dikelilingi oleh tiga gunung berapi dimana di dalamnya dihiasi oleh bangunan yang terbuat dari silar, sejenis batu berwarna putih hasil letusan gunung berapi. Maka tidak heran jika kota ini dijuluki Kota Putih dan telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2000.

La Raya. Sumber: cnn

Baca juga: Mengenal Eksotisme Layanan Kereta Tidur di Indonesia

Perjalanan akan berlanjut menuju La Raya, puncak tertinggi dari perjalanan ini. Lanskap pegunungan hijau dengan ketinggian 14.000 di atas permukaan laut ini bisa saja diterpa badai dan salju jika Anda datang tidak tepat pada waktu yang di sarankan. Meninggalkan keindahan La Raya, kereta akan terus bergerak ke sebelah utara sejauh 100 mil, melewati reruntuhan Inca Raqchi yang jarang dikunjungi dan menyusuri Sungai Urubamba dengan latar belakang ladang jagung dan kuinoa ungu yang subur, sebelum akhirnya sampai di Cusco.

Machu Picchu. Sumber: cnn

Cusco sendiri merupakan sebuah kota di Andes Peru, pernah menjadi Ibu Kota Kekaisaran Inca, dan sekarang dikenal sebagai tempat peninggalan arkeologi dan arsitektur kolonial Spanyol. Selain itu, Cusco juga dikenal sebagai gerbang menuju Machu Picchu, sebuah benteng Inca yang terletak tinggi di Pegunungan Andes di Peru, di atas lembah Sungai Urubamba.

Sumber: belmondcdn

Untuk moda yang digunakan, Belmond Andean Explorer mencomot sebuah kereta yang merupakan hasil transplantasi dari bekas kereta mewah di Australia, dikirim lalu mengalami renovasi besar-besaran sehingga kembali laik digunakan sebagai kereta tidur. Belmond Andean Explorer memiliki 24 gerbong yang terdiri dari perpustakaan dengan berbagai koleksi mengenai sejarah, budaya, dan keindahan alam Peru. Terdapat juga toko souvenir yang menjajakan berbagai oleh-oleh dan kerajinan tangan khas tempat-tempat yang dituju selama perjalanan. Akan menjadi sebuah perjalanan yang tidak akan terlupakan jika Anda berkesempatan untuk berwisata menggunakan Belmond Andean Explorer.

Leave a Reply