Beragam Alasan Mengapa Orang Jepang Fanatik Pada Sosok Kereta

Sumber: sekolahkejepang.com

Jepang, Negara yang amat menjunjung tinggi ketepatan waktu memiliki banyak sarana dan prasarana transportasi yang menunjang masyarakatnya untuk bepergian tepat waktu. Sebut saja bus, taksi, dan kereta selalu penuh dikala rush-hour. Diantara sekian banyak alat transportasi di sana, kereta menjadi alat transportasi yang paling digandrungi oleh masyarakat Jepang.

Orang-orang di kota Jepang rela berdesak-desakan di dalam kereta agar mereka bisa sampai ditujuan tepat waktu, sampai-sampai konduktor kereta akan menundukan kepala kepada para penumpangnya apabila terjadi keterlambatan, bahkan keterlambatan yang masih dalam hitungan detik.

Karena perannya yang begitu vital, banyak masyarakat Jepang yang menggemari si ular besi ini. ada beberapa istilah atau sebutan yang mereka gunakan untuk merepresentasikan kegemaran mereka terhadap kereta. Sekumpulan orang yang akhirnya menemukan kegemaran yang sama lantas seolah membuat suatu komunitas untuk mempertegas keberadaannya.

Sebut saja tori-tetsu (tori artinya ambil ; tetsu artinya kereta), sebutan ini disematkan pada mereka yang gemar mengabadikan kereta dalam bentuk foto. Ada juga nori-tetsu dimana orang-orang ini gemar menikmati perjalanan menggunakan kereta. Yomi-tetsu, sebutan untuk orang-orang yang gemar membaca segala sesuatu tentang kereta, terutama jadwal kereta. Oto-tetsu, sebutan untuk orang-orang yang senang merekam bunyi dari kereta api. Sharyo-tetsu adalah sebutan untuk orang-orang yang menggemari desain kereta. Eki-tetsu adalah sebutan untuk orang-orang yang mempelajari tentang stasiun. Bahkan ada orang-orang yang gemar makan makanan yang dijual di stasiun kereta, sebutannya adalah ekiben-tetsu.

Memang terdengar agak aneh mengenai kegemaran orang Jepang, namun semua itu benar-benar ada. Bahkan seorang jurnalis Jepang, Junichi Sugiyama mengatakan sulit untuk menemukan seseorang yang tidak suka dengan kereta di Jepang. “Sistem perkereta-apian di Jepang dikembangkan dengan sangat baik, dan hampir semua orang di sini pernah naik kereta,” tutur Junichi.

Sumber: cdn-img.pressreader.com
Sumber: cdn-img.pressreader.com

Tetsuya Suzuki, seorang yomi-tetsu berusia 48 tahun mengoleksi lebih dari 660 volume jadwal keberangkatan kereta api terhitung sejak April 1980. Ditemui di apartemennya, Tetsuya mengatakan ia bisa melakukan kegemarannya dimanapun. “Walaupun saya sedang berjalan-jalan ataupun sedang di rumah, saya tetap punya buku jadwal perjalanan kereta, jadi hobi saya bisa tetap dilakukan,” ungkap Suzuki, dikutip dari stuff.co.nz 21 Maret 2017 kemarin.

Suzuki juga mengaku pernah mendapatkan tawaran dari salah satu stasiun televisi di Jepang untuk menunjukkan rute tercepat untuk sampai di 7 toko ramen dalam 10 hari, dan berkat kegemarannya tersebut, ia berhasil menunjukkan 20 rute unik dan tentu saja lebih cepat dari rute biasa.

Sumber: indolah.com
Sumber: indolah.com

Kegemaran lain yang juga tidak kalah unik adalah tori-tetsu atau orang yang suka memotret kereta api, bagaimana tidak, kereta api di Jepang memiliki beberapa jenis kereta spesial yang beroperasi di sini, seperti kereta The Retro, kereta bergaya mobil tahun 50-an, dan juga kereta dengan motif Hello Kitty dan Pokemon. Tentu, para tori-tetsu juga mengabadikan foto kereta lainnya seperti komuter.

Kereta hello kitty di Jepang
Kereta hello kitty di Jepang

Seorang tori-tetsu bernama Watanabe kebingungan ketika ditanya mengenai hobinya tersebut. ia mengaku tertarik dengan seni foto kereta api sejak kecil. “Menurut orang tua saya, mungkin ini (hobi memotret kereta) karena rumah kakek saya berada dekat dengan rel,” tutur Watanabe yang merupakan sales dari salah satu hotel di Jepang ini, seperti yang dikutip dari stuff.co.nz.

Kegilaan Watanabe ini seolah menular kepada tetangga-tetangganya, “kalau kereta langka lewat sini, ratusan warga berbondong-bondong untuk mendirikan tenda agar lokasi yang mereka anggap strategis untuk mengabadikan momen tersebut tidak diambil orang,” katanya sambil tertawa kecil.

Sumber: cookingideas.es
Sumber: cookingideas.es

Sejatinya, tidak ada yang bisa menahan hobi kita, karena itu merupakan salah satu cara agar kita dapat memuaskan diri sendiri. Walaupun budget yang dikeluarkan untuk hobi beragam, terkadang masalah tersebut bukanlah menjadi penghalang bagi orang yang sudah tergila-gila akan suatu hal. Apabila Anda merupakan salah satu dari penggila kereta api, silakan Anda datang ke Jepang untuk saling bertukar pengalaman dengan maniak kereta api di negeri sakura tersebut.