Berakibat Buruk Saat Penerbangan,14 Poin Ini Kerap Dianggap Sepele

www.cheatsheet.com

Terpenuhinya aspek keselamatan menjadi faktor kunci dalam dunia penerbangan, tapi lain dari itu aspek kenyamanan juga tak kalah penting. Ketika terbang berlama-lama di angkasa dan berada dalam ruang kabin yang terbatas, besar potensi setiap penumpang untuk mekakukan ‘pelanggaran’  yang menjadi acuan pada standar keselamatan serta kesehatan.

Meski tak membawa impact besar dan fatal seperti turbulensi, bird attack dan abu vulkanik, ada beberapa poin yang dianggap sepele bagi penumpang namun bisa berakibat buruk bagi diri sendiri dan penumpang lain. Dirangkum KabarPenumpang.com merangkum dari cheatsheet.com (31/7/2017), inilah 14 poin yang kerap diabaikan oleh penumpang saat berada di kabin.

Baca juga: Masker Oksigen, “Penyambung Nyawa” Saat Kabin Kehilangan Tekanan

1. Makan, makanan yag jatuh diatas meja pesawat.
Makan di meja pesawat memang keharusan agar tetap nyaman. Tapi tahukah Anda, meja pesawat banyak sekali bakteri dan virus yang menempel, sebab di meja tersebut setiap penumpang melakukan berbagai macam, salah satunya adalah mengganti popok bayi. Selain itu, belum tentu juga awak kabin membersihkan meja tersebut satu-satu. Baiknya, Anda membersihkan meja dengan tisu antiseptik dan jangan memakan makanan yang sudah jatuh di atas meja.

2. Duduk dalam penerbangan
Memang, dalam penerbangan, penumpang harus terus duduk dan sesekali boleh berjalan, itupun hanya untuk ke toilet atau meminta sesuatu yang penting pada awak kabin. Baiknya, Anda juga melakukan peregangan pada tubuh agar tidak ada otot yang kaku dan terjadi penggumpalan darah yang membuat kesehatan Anda berbahaya saat dalam penerbangan.

3. Memilih tempat duduk dekat jendela
Dari beberapa laporan kesehatan, seorang laki-laki yang melakukan perjalanan lebih dari enam jam baiknya tidak duduk di dekat jendela pesawat. Sebab, penumpang yang duduk di jendela memiliki kemungkinan bergerak sedikit. Selain malas, jarak menuju ke lorong pesawat sudah membuat malas bergerak.

4. Lupa mematikan dan menyalakan mode pesawat terbang pada smartphone
Setiap akan memulai penerbangan, awak kabin selalu mengingatkan pada penumpang untuk mematikan telepon genggam sebelum lepas landas. Sebenarnya, saat ini pun di beberapa maskapai sudah diperingatkan tentang aturan mematikan telepon genggam sebelum lepas landas agar tidak mengganggu penerbangan.

Baca juga: Ini Alasan Lampu Kabin Pesawat Dimatikan Saat Lepas Landas dan Mendarat

5. Dehidrasi
Dalam pesawat, baiknya Anda banyak minum, sebab tekanan udara di dalam pesawat dengan daratan berbeda jauh. Bila di pesawat, akan terasa kering dan baiknya banyak minum untuk menghindari dehidrasi. Jangan malas minum karena malas untuk jalan ke toilet.

6. Pesan kopi, teh ataupun soda
Baiknya pesan minuman lain jangan pesan kopi atau teh. Karena menurut laporan Environmental Protection Agency, air keran pesawat sering terkontaminasi bakteri coliform. Tak hanya itu, baiknya hindari memesan minuman bersoda karena justru akan menaikkan gas dalam tubuh Anda hingga 25 persen.

7. Minum pil tidur
Jangan pernah meminum obat tidur saat naik pesawat apalagi bila Anda tidur duduk. Dengan pil tidur bisa membuat Anda kekurangan air minum karena lebih banyak tidur dibandingkan melakukan gerakan di pesawat.

8. Tidur saat lepas landas dan mendarat
Baiknya jangan pernah tidur saat lepas landas atau mendarat. Hal ini berguna untuk menyeimbangkan tekanan udara dalam telinga dengan sekitar. Bila memang Anda tidur saat lepas landas atau mendarat, yang terjadi adalah pusing, infeksi telinga dan kasus terburuk adalah mimisan hingga gangguan pendengaran berat.

9. Menghindari toilet
Sebagai penumpang pesawat, mungkin mtoilet adalah tempat yang paling dihindari, tetapi justru lebih baik Anda ke toilet dari pada menahannya. Bila terus menahan hasrat buang air kecil, yang ada kandung kemih Anda bisa infeksi.

10. Jangan buka bagasi kabin
Untuk menjaga keamanan Anda dan penumpang lainnya, jangan pernah membuka bagasi atas (bagasi kabin). Atau jika memang harus membuka bagasi kabin untuk mengambil tas, lakukan cepat dan jangan terlalu sering. Ini karena kita tidak tahu bila saat pesawat berguncang tas dan barang-barang bisa saja terjatuh menimpa Anda dan penumpang lainnya.

11. Pakai sabuk pengaman
Untuk menjaga Anda dari kondisi apapun, baiknya terus gunakan sabuk pengaman saat Anda duduk. Hal ini juga berlaku walaupun lampu sabuk pengaman dimatikan, sebab Anda tidak akan tahu bila ada turbulensi apalagi turbulensi langit cerah yang berbahaya.

Baca juga: Maskapai Timur Tengah Terapkan Standar Tinggi dalam Penerbangan

12. Tempat duduk anak
Saat berpergian dengan pesawat dan membawa bayi, memang tidak perlu memesan bangku, tetapi baiknya untuk kenyamanan pesan bangku untuk anak Anda. Hal ini karena, saat bayi dalam pangkuan juga bukanlah hal yang nyaman dan aman.

13. Car seat
Perika kursi mobil anak Anda untuk pengamanan saat berada di pesawat. Karena Anda tidak akan tahu akan hal-hal yang akan terjadi pada penerbangan apakah akan ada guntangan atau apaun itu. Pengecekan ini berguna untuk kemanan anak Anda.

14. Bawa perangkat dengan baterai lithium-ion
Baterai lithium-ion memberikan kekuatan pada perangkat, termasuk laptop, smartphone, dan kamera. Tapi terkadang ini bisa menjadi resiko keselamatan yang diketahui di pesawat karena kadang-kadang dapat terbakar.