Berawal dari Ketidaksengajaan, Kereta Komuter Ini Putarkan Alunan Lagu Klasik Selama Perjalanan!

Metro Tokyo Co. Sumber: japantimes.co.jp

Ada banyak ragam cara yang ditempuh oleh pihak penyedia jasa layanan transportasi guna meningkatkan pengalaman para penumpangnya. Jika di dunia aviasi dalam negeri, maskapai Citilink erat kaitannya dengan lontaran pantun yang dibawakan oleh awak kabin, lain halnya dengan perkeretaapian Jepang, Tokyo Metro Co.

Baca Juga: Tingkatkan Keselamatan, Jepang Luncurkan Pemindai QR Code di Peron Kereta Bawah Tanah

Diwartakan KabarPenumpang.com dari laman japantimes.co.jp (25/1/2018), layanan rapid transit system terkemuka dari  Negeri Sakura ini memulai eksperimen pemutaran lagu klasik di sebagian gerbong yang mereka operasikan. Tidak lain dan tidak bukan, tujuan dari pemutaran lagu ini adalah untuk meningkatkan pengalaman penumpang yang berkendara menggunakan Tokyo Metro Co. Adapun waktu uji coba ini dimulai sejak Senin (29/1/2018) kemarin.

Mengingat statusnya yang masih percobaan, maka tidak semua penumpang yang menggunakan layanan kereta bawah tanah ini dapat merasakan alunan musik klasik yang diputar oleh pihak operator. Alunan musik klasik ini hanya akan diputar di kereta seri 13000 yang baru diperkenalkan di Hibiya Line. “Kereta-kereta tersebut akan menghubungkan Naka – Meguro dan Kita – Senju,” tutur salah satu petugas Tokyo Metro Co.

Tidak semua jenis musik klasik akan diputar di kereta seri 13000 yang mulai beroperasi sejak Maret 2017 ini, pihak operator telah melakukan penyaringan terlebih dahulu guna memaksimalkan playlist dalam layanan tersebut. Tidak bisa dipungkiri, kereta seri 13000 ini memang terkenal memiliki sistem stereo yang ciamik.

Jika diperhatikan, hadirnya uji coba pemutaran musik klasik ini didasari oleh sebuah ketidaksengajaan. “Secara tidak sengaja konduktor kereta menyetel beberapa musik klasik melalui pengeras suara yang biasanya digunakan untuk menginformasikan sesuatu kepada para penumpang,” ujar juru bicara Metro Tokyo Co, Takahiro Yamaguchi. “Walaupun ini murni karena unsur ketidaksengajaan, namun respon penumpang yang mendengar lantunan musik tersebut sangatlah positif di media sosial, dan tidak sedikit dari mereka yang menikmatinya,” imbuhnya.

Baca Juga: “Pokemon with You Train,” Kereta Tematik Pelipur Duka Anak-Anak Korban Gempa Jepang

Berlandaskan pada antusias penumpang terhadap ketidaksengajaan tersebut, pihak operator lalu memutuskan untuk menguji coba pemutaran musik klasik ini. Tidak diketahui secara pasti kapan uji coba ini akan berakhir, namun menurut laman resmi Metro Tokyo Co, pemutaran musik di gerbong kereta ini merupakan yang pertama dalam sejarah perkeretaapian Jepang.