Berbagi Pasar dengan Dunia Penerbangan, Eurostar Rilis Layanan Kereta Cepat London-Amsterdam

Sumber: lonelyplanet.com

Masih ingatkah Anda dengan janji yang pernah diutarakan oleh Eurostar pada bulan April 2017 silam? Ya, operator layanan kereta cepat yang menghubungkan London dengan kota-kota lain di luar Tanah Britania ini baru saja memenuhi janjinya pada waktu itu, yaitu membuka rute London – Amsterdam.

Baca Juga: Pengalaman Penumpang Jadi Penentu Pertumbuhan Layanan Kereta Cepat

Ibukota Belanda ini sendiri digalang-galang sebagai salah satu destinasi tercantik di Eropa yang memiliki berbagai atraksi wisata menarik dengan museum-museum terbaik. Tidak hanya itu, deretan kanal cantik hingga gemerlap kehidupan malamnya yang disebut-sebut mampu menyaingi indahnya kehidupan malam di Berlin.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, kereta yang akan menghubungkan London dan Amsterdam ini membutuhkan waktu tiga  jam 41 menit untuk menghubungkan dua Ibukota beda negara ini.

“Peluncuran layanan kami ke Belanda merupakan kemajuan yang cukup signifikan dalam perjalanan lintas Channel dan menandai era baru di tingkat internasional,” tutur Chief Executive Eurostar, Nicolas Petrovic, dikutip dari laman independent.co.uk (9/2/2018). “Dengan layanan langsung dari Inggris ke Belanda, Prancis dan Belgia, kami mengubah hubungan antara Inggris dan tiga negara perdagangan utama Eropa,” imbuhnya.

Di sisi lain, Nicolas menambahkan  bahwa  hadirnya layanan kereta London – Amsterdam ini merupakan upaya yang dilakukan oleh operator moda darat untuk ‘membagi’ pasar yang sebelumnya didominasi oleh jalur udara. “Kami akan mengambil sedikit pangsa pasar dari perusahaan penerbangan, tapi kami akan menumbuhkan pasar tersebut,” jelasnya.

Tidak bisa dipungkiri, rute penerbangan London – Amsterdam merupakan salah satu rute paling ‘gemuk’ di Zona Eropa. “Sekitar 17 penerbangan yang menghubungkan dua kota ini setiap harinya,” tutur salah satu juru bicara dari British Airways. “Kami mengangkut sekitar 1,98 juta penumpang per tahun, dengan tarif yang cukup terjangkau, mulai dari £29,99 untuk sekali perjalanan,” timbal seorang juru bicara dari pihak maskapai EasyJet.

Baca Juga: Serba-Serbi Channel Tunnel, Terowongan Rel Terpanjang Kedua di Dunia

Di lain pihak, operator layanan Channel Tunnel mengatakan bahwa terhubungnya London dan Amsterdam akan mengubah sistem perjalanan dan meningkatkan ekspansi pasar di antara dua kota tersebut.

Bagi Anda yang penasaran  dengan layanan baru ini, tiket mulai diperjualbelikan terhitung per tanggal 20 Februari 2018 untuk perjalanan di hari yang sama dengan kereta khusus promo. Tertarik untuk menjajal layanan baru ini?