Berkereta Lebih dari 8 Jam, Siapkan Jurus Ini Agar Anda Survive!

KabarPenumpang.com

Antara kereta api dan pesawat terbang punya kesamaan, yakni sama-sama meladeni perjalanan jarak jauh lebih dari delapan jam. Namun untuk menyikapi perjalanan jarak jauh dengan kereta api ada sedikit beda, terlebih bila komparasinya terkait kenyamanan pada penumpang. Anda yang pernah naik kereta pastinya tahu rasa lelah, pegal sampai penat. Apalagi jika tiket menuju tujuan langsung tidak ada dan harus transit dari stasiun satu ke yang lainnya untuk mencapai tujuan.

Ada beberapa tips yang KabarPenumpang.com bisa berbagi dengan Anda untuk mengatasi kejenuhan atau bosan di kereta saat perjalanan yang ditempuh lebih dari 8 jam.

1. Ngobrol dengan tetangga sebelah bangku atau depan
Pastinya saat penat sudah menumpuk, tidak mungkin Anda berbicara sendiri. Bisa jadi kalau Anda berbicara sendiri di anggap orang gila oleh penumpang lainnya.  Ada baiknya mulailah bertanya dengan tetangga sebelah dengan pertanyaan biasa seperti mau kemana dan mau apa ke sana. Kemudian tawarkan makanan yang Anda bawa.

KabarPenumpang.com
KabarPenumpang.com

2. Bermain game
Ini juga salah satu kegiatan yang menarik, bila membawa tablet, konsol game kecil atau permainan di smartphone Anda bisa mengurangi rasa bosan yang memuncak. Jika Anda pergi dengan saudara atau teman, lakukan permainan yang bisa melibatkan anggota keluarga atau teman. Apalagi saat itu sinyal di perjalanan susah, sehingga Anda merasa jenuh karena tidak ada yang bisa di ajak chatting atau berkomunikasi melalui smartphone.

3. Lihat pemandangan
Dengan pemandangan hijau padi di sawah dan awan di langit biru, membuat pikiran lebih tenang. Terkadang, Anda bisa melihat kerbau di kubangan dekat sawah, dan bisa menjadi cerita menarik untuk di ceritakan kepada yang lain.

4. Dengar musik
Bosan ngobrol, bosan chat yang berulang terus membuat Anda semakin lelah dalam kepenatan atau kebosanan. Sebenarnya musik hampir sama dengan Anda melihat sawah, dengan musik, Anda bisa merasakan ketenangan asal lagu yang diputar menenangkan untuk diri Anda.

5. Tidur
Bila sudah bosan dengan hal ini itu dan  mulai mengantuk, baiknya Anda tidur untuk menghilangkan rasa kantuk. Biasanya tidur sejenak bisa membuat Anda lebih segar danrasa bosan seperti hilang dengan sendirinya.

Bukan hanya bosan ataupun penat saja yang akan Anda rasakan bila berada dalam perjalanan kereta lebih dari 8 jam. Biasanya otot, dan tulang-tulang terasa kaku semua untuk di gerakkan. Baiknya, Anda lakukan beberapa tips menghilangkan rasa pegal selama duduk lebih dari 8 jam di kereta.

1. Regangkan kaki, tangan dan leher
Pastinya bukan hanya pantat yang pegal, kaki dan tangan Anda juga seperti mati rasa, luruskan kaki dan tangan Anda. Goyangkan pelan-pelan atau pijit sedikit kaki dan tangan Anda. Kemudian, untuk bagian leher, berikan streatching yang agak perlahan seperti tengok kanan kiri secara bergantian, kemudian putar-putar leher Anda.

2. Berjalan ke toilet atau di lorong hingga ke pintu
Memang kaku seluruh badan Anda dan juga kesemutan kalaupun tidak kaku. Selain bisa memijat kaki dan tangan, Anda juga bisa berjalan ke depan arah pintu ataupun sekalian berjalan ke toilet. Hitung-hitung mengurangi rasa kaku di tubuh. Kalau kesemutan, luruskan kaki untuk mengurangi sedikit rasa kesemutan.

3. Minum air putih secukupnya
Duduk selama lebih dari 8 jam, tidak baik sebenarnya untuk ginjal dan anggota tubuh lainnya. Biasakan minum air putih yang cukup untuk mengantisipasi sakit pinggang.

Untuk menghilangkan bosan, jenuh hingga pegal, Anda bisa mengikuti beberapa tips ini. Apalagi untuk Anda yang baru pertama bepergian jauh dengan kondisi menggunakan transportasi umum seperti kereta.