Berniat Habiskan Ramadhan di Luar Negeri, Perhatikan Dulu Durasi Puasanya!

Sumber: poskotanews.com

Tidak sedikit umat Muslim Indonesia yang harus menghabiskan bulan Ramadhan di luar negeri, baik mereka tengah menyelesaikan studi ataupun tuntutan pekerjaan. Di Indonesia sendiri, durasi waktu berpuasa kurang lebih sekitar 13 jam. Namun tahukan Anda ada beberapa Negara di dunia yang memiliki waktu puasa lebih dari 19 jam?

Baca juga: Ukur Kepuasan Pelanggan Melalui Polling, HappyOrNot Sebut Bandara ini Sebagai yang Paling ‘Bahagia’ di Dunia!

Adalah Kosar Mahmoodi, seorang wanita yang tinggal di Finlandia sejak tahun 1994 harus menghabiskan waktu berpuasa selama kurang lebih 21 jam. Itu artinya Ia dan warga muslim lainnya yang berada di Finlandia hanya memiliki waktu 3 jam untuk berbuka puasa, menjalankan Shalat Tarawih, dan bersantap sahur. Delapan jam waktu kerja yang berlaku di sana tentu bukanlah menjadi suatu masalah ketika Ia sudah mengetahui celah agar bisa lancar menjalankan ibadah puasa di Finlandia. “Merencanakan segala sesuatu dengan baik dan makan makanan yang sehat merupakan salah satu trik untuk menjalankan puasa di sini,” ungkapnya sebagaimana KabarPenumpang.com wartakan dari laman khaleejtimes.com, Kamis (18/5/2017).

Sedikit bergeser ke sebelah selatan, tepatnya di Kanada seorang wanita bernama Hanan Auzam harus melewati waktu berpuasa selama 17 jam. Wanita blasteran Indonesia – Kanada ini mengaku tantangan terbesar yang ia alami selama berpuasa adalah lingkungan sekitar yang mayoritas non-muslim. Demi mengalihkan rasa lapar dan hausnya, ia menjalani aktifitas seperti berkebun, dan mengaji hingga sore hari. “Asupan makanan selama buka puasa dan sahur kaya akan protein dan potassium, serta minum yang cukup agar tidak cepat haus,” tuturnya.

Baca juga: 6 Panduan Kru Maskapai Menangani Penumpang yang Berpuasa

Dari beberapa penjabaran durasi waktu puasa di dunia, berikut KabarPenumpang.com sajikan beberapa durasi waktu puasa dari berbagai penjuru dunia:

  1. Chile dengan durasi 9 jam 43 menit
  2. Australia dengan durasi 11 jam 24 menit
  3. Brazil dengan durasi 12 jam 41 menit
  4. Indonesia dengan durasi 13 jam
  5. Malaysia dengan durasi 13 jam 34 menit
  6. India dengan durasi 14 jam 39 menit
  7. Pakistan dengan durasi 15 jam 10 meni
  8. Chicago dengan durasi 16 jam 57 menit
  9. Turki dengan durasi 15 jam 15 menit
  10. Inggris dengan durasi 18 jam 55 menit
  11. Dan negara dengan durasi puasa terpanjang dipegang oleh Islandia dengan 22 jam.

Baca juga: Islandia (1) – Menjejakkan Kaki di Negeri Surga Aurora

Jadi, bagi Anda yang hendak menghabiskan bulan Ramadhan di luar negeri, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu durasi puasa yang berlaku di sana, jangan sampai Ibadah Anda terganggu akibat durasi puasa yang berbeda dengan di Tanah Air.