Tuesday, July 16, 2024
HomeAnalisa AngkutanBerpenduduk Kurang dari Satu Juta Jiwa, Tapi Stockholm Dilayani Empat Bandara Internasional

Berpenduduk Kurang dari Satu Juta Jiwa, Tapi Stockholm Dilayani Empat Bandara Internasional

Ada yang menarik dari Stockholm, jumlah penduduk di ibu kota Swedia itu tidak mencapai satu juta jiwa (per 2023 – 975.000 jiwa). Yang artinya jumlah penduduk Stockholm jauh lebih sedikit dari wilayah Jakarta Selatan yang berpopulasi 2,25 juta jiwa. Meski jumlah penduduknya sedikit, namun di Stockholm terdapat empat bandara yang melayani penerbangan komersial. Bandingkan dengan Jakara yang hanya dilayani dua bandara komersial.

Baca juga: Jumbo Hostel Boeing 747, Penginapan Premium di Lingkungan Bandara Arlanda Stockholm

Meskipun populasi kota Stockholm tidak sebesar beberapa kota besar lainnya di dunia, ada beberapa alasan mengapa Stockholm memiliki banyak bandara, yaitu:

1. Hub Transportasi Internasional
Stockholm adalah pusat penting untuk perjalanan internasional di wilayah Nordik dan Baltik. Banyak penumpang dari negara-negara tetangga menggunakan Stockholm sebagai hub transit untuk penerbangan internasional.

2. Konektivitas Regional
Swedia memiliki banyak daerah yang terpencil dan sulit dijangkau melalui darat. Bandara-bandara ini melayani penerbangan domestik yang menghubungkan Stockholm dengan kota-kota lain di seluruh Swedia, meningkatkan konektivitas nasional.

3. Permintaan Wisatawan
Stockholm adalah tujuan wisata yang populer, menarik jutaan pengunjung setiap tahun. Banyak bandara membantu mendistribusikan arus wisatawan ke kota dengan lebih efisien.

4. Maskapai Berbiaya Rendah
Bandara seperti Skavsta dan Västerås melayani banyak maskapai berbiaya rendah, yang biasanya memilih beroperasi dari bandara yang lebih kecil untuk mengurangi biaya operasional.

5. Pemisahan Penerbangan
Bandara yang berbeda melayani berbagai jenis penerbangan. Arlanda, misalnya, menangani sebagian besar penerbangan internasional jarak jauh, sementara Bromma fokus pada penerbangan domestik dan regional. Ini membantu mengurangi kemacetan di bandara utama dan meningkatkan efisiensi operasional.

6. Kebutuhan Logistik dan Kargo
Beberapa bandara juga memiliki fasilitas yang baik untuk menangani kargo dan logistik, mendukung ekonomi lokal dan regional dengan menyediakan jalur distribusi yang cepat dan efisien.

Melesat 200 Km Per Jam, Arlanda Express Jadi Kereta Bandara Tercepat

Dan berikut adalah bandara utama yang melayani kota Stockhom:
1. Stockholm Arlanda Airport (ARN)
Bandara terbesar dan utama di Stockholm, terletak sekitar 40 km di utara pusat kota. Ini adalah bandara internasional utama yang melayani sebagian besar penerbangan jarak jauh dan internasional.

2. Stockholm Bromma Airport (BMA)
Terletak sekitar 8 km di barat pusat kota Stockholm, Bromma adalah bandara yang lebih kecil yang terutama melayani penerbangan domestik dan beberapa penerbangan internasional jarak pendek.

Stockholm Bromma Airport (BMA)

3. Stockholm Skavsta Airport (NYO)
Terletak sekitar 100 km di selatan Stockholm, di dekat kota Nyköping. Bandara ini melayani banyak penerbangan berbiaya rendah dan internasional, terutama oleh maskapai seperti Ryanair.

4. Stockholm Västerås Airport (VST)
Terletak sekitar 110 km di barat Stockholm, dekat kota Västerås. Bandara ini juga melayani beberapa penerbangan berbiaya rendah dan internasional.

Keempat bandara ini memberikan akses yang luas ke berbagai tujuan domestik dan internasional bagi penduduk dan pengunjung Stockholm.

Berlokasi di Swedia, Inilah Bandara Bebas Emisi Karbon Pertama di Dunia

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru