Tuesday, April 16, 2024
HomeBus AKAPBersaing Memikat Calon Penumpang, Modifikasi Pada Bus AKAP Jadi Kebutuhan

Bersaing Memikat Calon Penumpang, Modifikasi Pada Bus AKAP Jadi Kebutuhan

Melihat bus saat ini tentu berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Terlebih bus antar kota antar provinsi yang selalu dinamis mengikuti tren yang ada. Membicarakan variasi atau modifikasi dalam bus malam antar kota, tentu hal ini juga mengalami perubahan dari masa ke masa. Mungkin beberapa tahun yang lalu anda melihat bus hanya melakukan variasi sederhana seperti sticker di kaca depan dan itupun tidak banyak.

Baca juga: Ini Ternyata Kerjaan Admin Media Sosial Perusahaan Otobus

Semakin kesini, variasi atau modifikasi pada bus malam antar kota semakin beragam. Tren yang ada biasanya langsung ramai-ramai diikuti oleh perusahaan bus lainnya. Mereka biasanya tidak mau ketinggalan momen yang sedang ngetren di kalangan bus malam antar kota. Para kru pun memiliki kreatifitas masing-masing dalam hal melakukan variasi atau modifikasi pada armada bawaan mereka.

Mulai dari tren lampu kolong, lampu strobo bisa dibilang panjang umur sampai saat ini. Meskipun untuk penggunaan strobo sebenarnya dilarang dan dikatakan melanggar hukum, nyatanya semakin banyak armada bus yang mengikuti tren pemasangan strobo.

Dalam hal ini, biasanya kru mengeluarkan biaya pribadi untuk mempercantik armada busnya. Tentu modifikasi bus malam antar kota menelan biaya yang tidak sedikit. Para kru merogoh kocek pribadi dalam-dalam agar armada bus yang mereka kendarai menarik mata pengguna jalan lain.

Ketika malam tiba, armada bus yang mereka kendarai merupa warna-warni lampu di tengah kegelapan. Hal ini tentu mengundang perhatian banyak pengguna jalan lainnya. Banyak pengguna jalan yang menikmati tren modifikasi ala bus malam antar kota ini, terlebih jika modifikasi dilakukan di bagian lampu.

Gemerlap lampu pada body bus malam antar kota memang sedang menjadi tren modifikasi saat ini, tapi beberapa perusahaan otobus ada yang tidak mengijinkan kru untuk melakukan modifikasi yang berlebihan pada armada bus. Hal ini semata-mata untuk menjaga citra perusahaan di jalan raya. Selain itu, meski digemari kebanyakan penumpang bus masa kini, tren modifikasi termasuk modifikasi lampu pada bus malam antar kota, beberapa justru ada yang membahayakan pengguna jalan lain.

Ada saja beberapa bus yang memasang lampu di bagian belakang bus. Tentunya ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan lain, terlebih yang ada di belakang bus tersebut. Ada juga yang memasang lampu strobo dengan jumlah yang banyak pada kaca depan armada bus. Padahal hal ini justru bisa mengganggu konsentrasi pengemudi dan juga pengendara yang berpapasan dengan bus dengan modifikasi seperti ini.

Baca juga: Bukan Nama Wanita, Rosalia Indah Kondang Sebagai Perusahaan Otobus

Memang, pada akhirnya variasi atau modifikasi bus malam antar kota tidak bisa dihindari, dimana semua bertujuan untuk menarik minat penumpang bus. Tapi, di satu sisi, modifikasi yang dilakukan seharusnya memang cukup sewajarnya saja dan tidak berlebihan. Jadi, bisa tetap menarik minat penumpang, menjadi perhatian di jalan raya dan tentunya tanpa mengganggu pengendara lainnya. (Senna Aditiya – Penggemar Bus)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru