Bukan Nama Wanita, Rosalia Indah Kondang Sebagai Perusahaan Otobus

(Youtube)

Rosalia Indah bukan nama seorang wanita dengan paras cantik, namun ini merupakan nama sebuah Perusahaan Otobus (PO) yang berpusat di Karanganyar, Jawa Tengah. Berdiri tahun 1983, PO bus ini memulai ceritanya dari Pulau Jawa dengan menggunakan satu armada yakni sebuah Isuzu ELF dengan melayani rute Yogyakarta-Solo-Surabaya-Malang.

Baca juga: PO Pahala Kencana, dari Kudus Hingga Akhirnya Berpusat di Jakarta

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, empat tahun kemudian yakni 1987 PO Rosalia Indah kemudian mengembangkan bisnis transportasinya dengan menggunakan armada bus untuk Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Sayangnya AKDP milik Rosalia Indah tidak bertahan lama dan seperti tenggelam ditengah persaingan usaha transportasi di Jawa tengah kala itu.

Namun, pada 21 Maret 1991, Rosalia Indah justru mengantongi legalitas usaha izin Biro Perjalanan Umum (BPU) yang juga diiringi dengan perubahan serta kemajuan yang pesat. PO bus yang memiliki slogan ‘Mitra Setia Perjalan Anda‘, kemudian mulai berbenah dan berkembang.

Hal ini terlihat dari bertambahnya armada untuk memenuhi permintaan konsumen dan melengkapi berbagai trayek antar provinsi. Tak hanya sebagai bus AKAP, Rosalia Indah juga melengkapi bisnisnya dengan layanan bus pariwisata.

Rosalia Indah menggunakan bus dengan pabrikan Mercedes Benz dan Hino. Kelas-kelas bus ini pun ada Non AC, Patas, VIP, Eksekutive dan Super Executive dengan tiket yang disesuaikan dengan kelas dan tujuan masing-masing. Seiring berjalannya waktu, PO Rosalia Indah kini tak hanya mengarungi jalur Jawa saja, melainkan Sumatera.

Kenal dengan PO Rosalia Indah, tak hanya bus saja, melainkan sosok dibalik nama ini ada sepasang suami istri pendirinya yakni Yustinus Soeroso dan Yustina Rahyuni Soeroso. Ternyata suami istri ini memulai bisnisnya mulai dari nol bahkan Soeroso sendiri tak penah memasang target saat menjalankan bisnisnya.

Saat pertama kali membuka usahanya, Soeroso menangani semua pekerjaannya sendiri mulai dari manajemen, mencari penumpang, mengurus kecelakaan, calo, mengatur pengemudi dan lainnya. Dia mengaku, dengan masa lalu yang seperti itu, kini PO Rosalia Indah sudah ditangani dengan sistem yang lebih modern.

“Tapi sekarang saya membangun bisnis ini dengan sistem yang modern. Setelah anak-anak lulus sekolah, mereka yang menangani. Sekarang ada HRD, ada manajer, marketing,” kata Soeroso yang dikutip dari transportasi.co.

Baca juga: Sejarah ALS, Perusahaan Otobus dengan Trayek Terjauh Lintas Jawa-Sumatera

Kini bus milik PO Rosalia Indah sudah dilengkapi dengan GPS dan tetap mengedepankan pelayanan, keamanan, kenyamanan serta kebersihan armadanya dengan aturan yang berlaku. Kini PO Rosalia Indah dengan sumber daya manusia lebih dari 1000 personil dan lebih dari 140 kantor perwakilan dan agen Rosalia Indah tersebar di Jawa–Sumatera berhasil menjadi leader di Jawa Tengah.

“Boleh dibilang kunci dari bisnis ini yang bisa saya simpulkan adalah orang bekerja harus telaten dan hati-hati. Jangan terlalu bergembira atau bersedih. Apapun yang kita jalani sudah diatur oleh yang di atas,” tutupnya.