Bersanding Dengan Trans-Siberia, Rusia Siap Bangun Jaringan Kereta Cepat Moskow-Kazan!

Sumber: railway-technology.com

Jika ditanya soal perkeretaapian Rusia, mungkin hal pertama yang langsung terbesit di pikiran Anda adalah jalur Trans-Siberia yang terkenal akan sebuah perjalanan epik dengan panjang jalur melebihi angka 9.000km. Namun itu dulu, kini mata dunia tengah tertuju pada evolusi sistem perkeretaapian Moskow – Kazan yang akan diproyeksikan menjadi jaringan kereta cepat. Adapun perkiraan jalur yang digunakan untuk jaringan kereta cepat ini mencapai 700 km.

Baca Juga: Jepang dan Rusia Sepakat Kembangkan Jalur Kereta Kargo Trans-Siberia

Adapun ide di balik pembangunan jalur kereta cepat ini sudah digaungkan pada tahun 2009 silam, dan itu diyakini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan inovasi industri dan mobilitas penduduk di sepanjang rute jaringan tersebut. “Rencana awal adalah agar jalur diperpanjang ke Yekaterinburg pada tahun 2030 dengan tujuan akhir untuk menyelesaikan jalur sepanjang 7.000 km yang menghubungkan Moskow dan Beijing,” ujar Ivan Kondratenko, konsultan analis di Frost & Sullivan, dikutip KabarPenumpang.com dari laman railway-technology.com (5/12/2018).

Dalam pembangunannya, pihak Rusia mendapatkan bantuan pendanaan dari China Railway International Group pada tahun 2016 silam dengan nominal US$6,2 miliar atau yang setara dengan Rp90,2 triliun – namun dikarenakan hubungan bisnis, maka ada syarat yang diberlakukan oleh pihak Cina.

“Salah satu syarat utama dari pihak Tiongkok adalah menggunakan teknologi dan peralatan mereka untuk pembangunan. Karena kemampuan lokal yang kurang berkembang dan kurangnya akses ke teknologi Barat, rekan-rekan Rusia setuju dengan kondisi ini,” terang Ivan.

Adapun pendanaan total dari proyek kereta cepat Moskow – Kazan di tahun 2018 ini mencapai angka US$25 atau yang sekira Rp363,7 triliun. Jalur ini sendiri diperkirakan akan melayani sekitar 10,5 juta penumpang pada tahun pertama pengoperasiannya, dengan kapasitas penumpang diperkirakan mencapai 20 juta per tahun pada 2035, dan terus mengalami peningkatan hingga angka 25 juta per tahun pada 2050. Akumulasi para ahli mengenai pembangunan jaringan kereta cepat ini diperkirakan rampung pada tahun 2030 mendatang.

Baca Juga: Jalur Kereta Trans-Siberia Capai Usia 100 Tahun

Kelak, armada yang mengular dijaringan kereta cepat Moskow – Kazan ini akan beroperasi di kecepatan 360km/jam, dengan kecepatan maksimum mencapai 440km/jam.