Bersiap Gelar 5G, Bandara Internasional Schipol Hadirkan Jaringan Seluler Indoor Terpadu

(GetByBus)

Bandara Internasional Schipol di Amsterdam bersama dengan beberapa operator seluler Belanda berkolaborasi untuk menghadirkan jaringan baru dalam ruangan. Baru-baru ini Royal Schipol Group menandatangani perjanjian dengan operator seluler KPN, T-Mobile dan VodafoneZiggo untuk bekerjasama dalam mengembangkan jaringan seluler dalam ruangan.

Baca juga: Bantu Penumpang Bawa Barang Hingga ke Gerbang, KLM Hadirkan Robot Care-E

KabarPenumpang.com melansir dari laman passengerterminaltoday.com (8/10/2018) bahwa, dengan pengembangan jaringan seluler ini sendiri untuk meningkatkan pengalaman penumpang dan staf yang juga pengguna ponsel. Jaringan ini sendiri sudah harus siap digunakan pada tahun 2020 mendatang dengan sistem lebih dari 30 instalasi antena di seluruh bandara untuk memastikan cakupan seluler yang terbaik.

Sehingga selama dua tahun kedepan, jaringan Bandara Schipol dan operator akan menyebarkan jaringan bersama baru tersebut di semua ruangan keberangkatan dan kedatangan seperti lounge, gerbang, area stasun kereta api, Schipol Plaza dan area non publik seperti area penanganan bagasi. Jaringan baru ini juga cocok untuk jaringan seluler generasi baru yakni 5G.

Tak hanya itu, jaringan untuk layanan darurat dan sistem radio yang digunakan di Bandara Schipol juga termasuk dalam salah satu rencana pengembangan tersebut. Vodafone ditunjuk untuk membangun infrastruktur dan kemudian membukanya ke penyedia lain.

Mereka telah bekerja sama sebelumnya pada proyek serupa, seperti terowongan jalan baru di Maastricht atau jalur metro Amsterdam. Jaringan baru akan berarti mengakhiri jaringan dalam ruangan individu untuk operator.

Baca juga: Di Bandara Schiphol, Calon Penumpang Bisa Pesan Makanan Online Yang Diantar via Kurir

“Schiphol bercita-cita menjadi bandara digital terkemuka, dan ini termasuk memberikan pengalaman pengguna ponsel yang baik bagi jutaan penumpang dan ribuan karyawan kami. Kami senang bekerja dengan KPN, VodafoneZiggo, dan T-Mobile untuk menciptakan pengalaman penumpang digital yang lebih baik di bandara,” kata CFO Royal Schiphol Group Jabine van der Meijs.

Pembuatan jaringan seluler multi-operator baru akan berarti akhir dari jaringan indoor individual yang dimiliki oleh masing-masing penyedia yang berbeda di Schiphol. Setelah jaringan baru berjalan, semua operator seluler akan menggunakan jaringan seluler yang sama di berbagai terminal dan gerbang Schiphol.