Berteknologi Radar, Inilah Bus Masa Depan dari Mercedes-Benz

Dalam perkembangannya, Mercedes-benz menyiapkan kendaraan yang akan dibutuhkan kota-kota besar di seluruh dunia yang banyak mengalami masalah kemacetan sehingga membutuhkan transportasi public seperti BRT (Bus Rapid transit) yang nyaman dan aman.

Mercedes-Benz, perusahaan mobil dunia kembali membuat terobosan baru pada busnya dengan menggunakan teknologi otonom. Teknologi yang di gunakan pada future bus ini akan menggunakan sistem City Pilot. Bus yang mampu melaju tanpa pengemudi atau otomatis ini, nantinya akan berjalan dengan kecepatan maksimal 70 km/jam. Tahun lalu, Mercedes-Benz sudah melakukan uji coba terhadap Future bus ini di Amsterdam di Belanda yang memiliki jalur bus terpanjang di Eropa.

Dilansir dari situs resmi Daimler, bus ini nantinya akan beroperasi dengan rute sejauh 20 km dan dipastikan akan berhenti saat lampu merah, menaikkan dan menurunkan penumpang serta mengerem saat ada gangguan. Basis yang navigasinya yang digunakan adalah sistem radar jarak jauh yang dikombinasikan dengan bantuan kamera dan GPS (Global Positioning System). Daimler selaku pembuat bus ini mengatakan, kendali otomatis pada future bus ini akan berjalan di jalurnya sendiri. Sedangkan untuk di jalur biasa, pengemudi bisa mengendarainya secara normal. Dan teknologi City Pilot akan dikembalikan atau diaktifkan kembali saat rute yang digunakan cocok untuk kendali otomatis.

future-bus-16c636-15-w600xh0

Future bus Mercedes-Benz ini, memiliki keunikan dari body luar hingga bagian dalamnya. Bagian luar terdapat dua pasang pintu yang bisa digunakan untuk naik dan turun penumpang, di atas lampu nanti akan terlihat garis warna, bila berwarna hijau pintu akan terbuka sedangkan saat berwarna merah pintu akan tertutup otomastis.

Bus dengan panjang 12 meter ini memiliki interior yang berbeda dari bus konvensional. Tempat duduk di bus ini didesain menyamping dan bergaya futuristik, menambah kuat bahwa bus ini adalah bus masa depan yang dibutuhkan penumpang. Uniknya lagi, bus ini tak hanya dilengkapi WiFi (Wireless Fidelity) tetapi fitur untuk melakukan charge ponsel tanpa kabel, caranya pengguna hanya tinggal meletakkan telepon genggam pada pad charger wireless tersebut.