Biar Nyaman di Penerbangan Kelas Ekonomi Jarak Jauh, Baca Ini!

0
Sumber: Director magazine

Berada di penerbangan kelas ekonomi tentu tak jadi soal, mengingat fasilitas standar di dalam kabin pesawat sudah dibuat dengan standar kenyamanan tertentu. Tapi yang jadi tantangan adalah ketika berada di kelas ekonomi dalam penerbangan jarak jauh. Saat Anda mengudara diatas 10 jam maka tubuh akan mulai merasakan kaku dan letih, sementara jarak (space) untuk ruang kaki yang ngepas pada kursi kelas ekonomi menjadi cobaan terberat dalam perjalanan lintas benua.

Sudah barang tentu setiap tantangan dapat disiasati, seperti pada penerbangan full service, penumpang sudah jamak diberikan amenity kit untuk kenyamanan selama penerbangan. Tapi ketimbang menebak-nebak apa yang akan diberikan sang pramugari, ada baiknya Anda persiapkan beberapa item yang layak dibawa. Dan berikut kami sarikan item-item yang dirasa perlu dipertimbangkan dalam penerbangan jarak jauh.

Bawalah Travel Pillow yang Nyaman

Sumber: peimag.com
Sumber: peimag.com

Alih-alih menggunakan bantal penyangga leher yang kurang nyaman yang biasanya tersedia di beberapa penerbangan internasional, ada baiknya Anda membawa sendiri bantal tersebut. Selain dapat membantu leher agar tidak cepat lelah, keberadaan bantal penyangga leher juga dapat membantu Anda beristirahat selama perjalanan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa melihat berbagai pilihan Travel Pillow di toko-toko online, dan tentunya dengan pilihan harga yang bervariasi pula.

Sediakan Inflatable Foot Rest

Sumber: fluxmag.com
Sumber: fluxmag.com

Barang ini memang jarang terpikirkan oleh para penumpang yang hendak terbang, namun setelah ditinjau lebih jauh, inflatable foot rest terbukti dapat memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Dengan pengaplikasiannya yang tidak jauh berbeda dengan travel pillow, membuat barang ini dapat dibongkar pasang dengan mudah. Cukup meniupnya melalui tube yang tersedia pada bagian sisinya, maka inflatable foot rest akan mengembang dan Anda dapat menanyandarkan kaki Anda di atasnya.

Atur Bangku Anda Senyaman Mungkin

Sumber: weekly.ascii.jp
Sumber: weekly.ascii.jp


Buatlah diri Anda senyaman mungkin selama perjalanan, salah satunya dengan menyingkirkan hand luggage yang dirasa akan merepotkan Anda selama mengudara. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan kepada kru kapal yang bertugas apakah bisa untuk berpindah tempat duduk ke bangku yang masih kosong, karena single seat akan lebih menguntungkan Anda daripada harus bersebelahan dengan orang lain.

Bekali Diri Anda dengan Makanan Secukupnya

Sumber: vemale.com
Sumber: vemale.com

Tidak semua makanan dapat masuk ke dalam kabin, terutama makanan dengan bau yang menyengat, namun Anda dapat membawa beberapa makanan ringan yang dapat Anda nikmati sepanjang perjalanan. Selain itu, Anda juga dapat memilih beberapa menu yang tersedia di penerbangan full service. Untuk makanan ringan, biasanya penumpang akan membawa cokelat, karena kandungan yang ada di dalam cokelat dipercaya dapat membuat tubuh Anda menjadi rileks.

Bawa Headset Berkualitas

keepo.me
keepo.me

Suara bising selama perjalanan akan membuat Anda tidak nyaman, baik itu suara mesin yang berisik hingga suara anak kecil yang menangis. Untuk mengatasi permasalaah tersebut, pastikan Anda membawa headset dengan kualitas yang tinggi. Keberadaan headset selama perjalanan akan membantu Anda mengalihkan suara-suara yang mengganggu. Lalu, mengapa harus headset berkualitas? Karena suara yang dihasilkan oleh headset dengan kualitas tinggi jauh lebih jernih daripada headset biasa, dan tentu saja akan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman ditemani dengan lagu-lagu favorit Anda.

Pilih Tempat Duduk yang Ideal

Sumber: qantas.com
Sumber: qantas.com


Layaknya pada sarana transportasi lain seperti kereta api dan shuttle, pesawat juga memiliki beberapa tempat duduk strategis yang menjadi idola para penumpangnya, biasanya tempat duduk itu berada di samping kaca dan yang dekat dengan toilet. Selain dua bangku favorit penumpang itu, pengguna jasa layanan penerbangan juga terkadang memilih bangku di sebelah lorong, karena mereka beranggapan akan lebih mudah untuk keluar daripada harus melangkahi orang yang duduk di sampingnya. Jadi, usahakan Anda memilih bangku yang tepat, walaupun tidak seusai dengan kriteria bangku idaman Anda karena keberadaan tiket yang tersisa.

Bawa Bantal Mata yang Nyaman

Sumber: travelsupermarket.com
Sumber: travelsupermarket.com


Kehadiran bantal mata dalam perjalanan tentunya akan membantu Anda untuk beristirahat selama mengudara. Ada banyak variasi bantal mata yang dijual bebas di pasaran, dari mulai yang  berbahan seperti bantal, hingga yang berisikan cairan. Semua tergantung selera dan kondisi budget Anda. Apabila Anda sudah menyiapkan bantal mata namun tertinggal, Anda dapat menggunakan topi atau sapu tangan untuk meminimalisir cahaya yang masuk saat Anda terlelap.

Lengkapi Diri Anda dengan Selimut Sendiri

Sumber: tokopedia.com
Sumber: tokopedia.com

Sama seperti Travel Pillow pada poin pertama, selimut juga mempengaruhi perjalanan Anda, karena tidak semua orang kuat dengan temperatur di dalam pesawat yang bisa dibilang cukup dingin. Maka dari itu, kehadiran selimut yang Anda bawa sendiri akan membantu untuk melawan hawa dingin di pesawat.

Lepas Sepatu dan Pakai Kaus Kaki Sandal

Sumber: etsy.com
Sumber: etsy.com

Kadang, terlalu lama memakai sepatu membuat Anda sedikit tidak nyaman. Dengan menggunakan kaus kaki sandal, Anda dapat berjalan tanpa mesti bertelanjang kaki. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mendapatkannya di toko-toko online.

Bawa Perlengkapan Kecantikan

Sumber: alibaba.com
Sumber: alibaba.com

Handbody Lotion, lipbalm dan beberapa perlengkapan kecantikan lainnya akan membantu Anda untuk memanjakan diri selama dalam perjalanan, karena dalam perjalanan jauh menggunakan pesawat, temperatur dingin selama perjalanan akan mempengaruhi penampilan Anda, seperti bibir dan kulit yang menjadi kering.

Leave a Reply