Biar Tak Dicibir Orang Lain, Mau Selfie Juga Perlu Etika

0
Ilustrasi berselfie tak beretika

Sebagai seorang pelancong tidak akan pernah melupakan yang namanya berfoto. Apalagi untuk berselfie ria adalah hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Obsesi untuk berselfie ria, sudah jelas dilakukan para pelancong saat berlibur dan ini menjadi salah satu buah tangan yang paling murah untuk dibagikan.

Baca juga: Travel Advice, Jangan Samakan dengan Travel Warning

KabarPenumpang.com merangkum dari traveller.com.au (2/12/2017), banyak sekali pelancong yang terkadang tidak sadar saat berselfie. Berikut ini ada beberapa perlakuan pelancong yang terlihat tidak seharusnya dilakukan.

Di Balai kota Kopenhagen perilaku tidak baik terlihat saat pelancong berselfie di depan patung penulis Denmark Hans Christian Andersen. Beberapa pelancong ada yang memanjat ke atas patung dan memeluknya untuk kepentingan diri sendiri. Bahkan ada pelancong wanita yang menantang untuk duduk di atas lutut patung tersebut.

Tak hanya itu, di Jepang tepatnya dekat stasiun Shibuya Tokyo, patung Hachiko menjadi satu ikon yang paling digemari untuk berselfie. Banyak yang memeluk patung dan membuat beberapa macam pose lucu. Adapula foto satu keluarga di Selandia Baru yang berfoto di lubang hobbit dengan anak perempuannya yang berusia 20 tahun.

Mungkin ini bagus untuk dilakukan apalagi sebagai kenangan. Tetapi terkadang perilaku Anda yang seenaknya saja membuat pelancong lainnya tidak senang bahkan kesal. Sebenarnya apakah perlu etika berselfie di tempat wisata? KabarPenumpang.com mendapatkan hasil juga, bahwa berselfie memiliki etika dimana pengunjung harus mengutamakan keselematan. Seperti menaiki patung Andersen di Denmark setinggi dua kaki, terlihat para pelancong lupa akan keselamatan dirinya.

Selain itu ketika terjadi huru-hara, kecelakaan atau bencana alam, baiknya jangan berselfie ria. Akan lebih etis jika menolong korban dibanding berselfie untuk mengabadikan kejadian tersebut.

Terpenting adalah menghargai orang lain, seperti bergantian saat berfoto atau tidak menjadikan sebuah objek seperti miliknya sendiri. Ini bukannya menikmati berselfie tetapi seperti merenggut keinginan orang lain untuk berfoto di situ.

Baca juga: Ini Dia! Hal Yang Kurang Menyenangkan Saat Bertandang Ke Cina

Jangan juga menutupi orang lain saat berfoto, untuk lebih baik, Anda harus meminta izin dulu sebelum berselfie ria. Tidak lupa untuk melihat papan peringatan, karena ada beberapa tempat dimana tidak bisa berselfie dengan sesukanya.

Jadi baiknya tidak melanggar aturan daripada Anda mendapat masalah. Bagaimana, masih mau berselfie sembarangan dan tak perduli orang lain atau melanggar aturan?

Leave a Reply