Biar Tidak Kecopetan, Yuk Kenali Ciri-Ciri Terduga Copet

0
The New Yorker

Apa yang kerap di khawatirkan saat naik kendaraan umum? Sebagian orang mungkin menyebut bahwa takut akan aksi pencopetan. Karena tak mau apes terkena copet, maka kewaspadaan mutlak dikedepankan saat di moda angkutan umum. Tapi faktanya sekedar waspada belum dirasa cukup, akan lebih sempurna bila Anda mampu mengenali orang atau kelompok yang diduga kuat sebagai pencopet.

Namun bukan perkara mudah untuk mengidentifikasi para terduga copet, termasuk juga tidak mudah mengenali pencopet dari tampangnya. Pasalnya perilaku dan wajah mereka pencopet bisa saja seperti korban atau tidak menunjukkan tanda-tanda seorang copet. Atau bisa dikata pencopet pada dasarnta ingin membaur dan tidak mencolok kehadirannya.

Berikut hasil investigasi KabarPenumpang.com untuk mengetahui lebih cepat ciri-ciri pencopet, khususnya pencopet yang kerap beroperasi di rangkaian KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line.

1. Gerakan tangan
Biasanya gerak gerik seorang pencopet memang susah dikenali, namun ada beberapa gerakan yang bisa dilihat yakni tangan si pencopet. Tangan pencopet akan mencari sasaran dan menyelinap di antara himptan-himpitan tubuh orang-orang baik yang akan menjadi korban atau tidak.

2. Lirikan mata
Paling mudah sebenarnya adalah melihat lirikan mata. Pencopet tidak akan melirik pada satu tujuan bila belum menemukan targetnya. Namun, bila target sudah ditemukan maka, si copet akan terus melihat ke arah target. Contohnya bila melihat tas terbuka atau dompet yang sedikit menyembul keluar dari saku, penglihatan copet ini seperti mata elang dan bisa dengan mudah melihat targetnya dengan jelas.

3. Posisi berdiri
Pencopet bila sudah mendapatkan target incarannnya, akan berdiri mendekati sang korban. Kemudian perlahan-lahan memepet korban dan langsung mengambil barang-barang korban seperti dompet ataupun ponsel.

4. Penampilan
Setiap copet pastinya tidak ingin diketahui dirinya copet. Kadang orang yang layaknya pekerja kantoran juga bisa menjadi seorang copet dan yang berpakaian kumal biasanya bukan. Namun, banyak yang berpersepsi seorang copet lebih ke berpakaian kumal. Bila Anda melihat yang kumal berarti copet benar-benar seperti bunglon. Selain itu tampang seroang copet juga tidak bisa dikenali dengan jelas. Karena mimik wajahnya sama dengan masyarakat biasanya yang sedang naik kendaraan umum.

5. Gender
Jangan salah, seorang copet bukan hanya laki-laki, karena perempuann juga ada yang berprofesi sebagai copet.

Leave a Reply