Biar Tidak Stres Saat Perjalanan Kerja, Yuk Intip Tips Ini

0
Ilustrasi seorang pekerja stres menghadapi perjalanan dinas

Bepergian tapi untuk bekerja alias perjalanan dinas apakah ini membuat seseorang stres? Jawabannya bisa iya dan tidak. Ini karena perjalanan dinas akan membuat jauh dari keluarga untuk waktu yang cukup lama.

Baca juga: Ingin Mudik via Jalur Udara? Buat Perjalanan Lebih Nyaman dengan Tips Berikut! 

Bahkan ketika dalam pekerjaan itu Anda diharuskan melakukan perjalanan udara yang berarti menghabiskan waktu untuk menunggu di bandara. Selain itu tempat yang sempit bisa membuat bosan bahkan menangis.

Tetapi perjalanan dinas juga bisa menjadi menyenangkan dan stres pun bisa dihilangkan. Dilansir KabarPenumpang.com dari minutehack.com (11/3/2021), berikut beberapa tips yang bisa membuat Anda tenang aman dan terhindar dari stres ketika melakukan perjalanan dinas.

Siapkan semua
Sebelum melakukan perjalanan dinas atau bisnis, pastikan semua dokumen yang dibutuhkan dibawa dan tersusun dengan teratur. Bila bepergian keluar negeri, cek paspor apakah masih bisa digunakan alias belum kadaluarsa. Sebisa mungkin Anda juga menyiapkan asuransi baik untuk keadaan darurat seperti kesehatan.

Selain berkas dan dokumen, tak lupa persiapkan kebutuhan pribadi sebelum bepergian jauh-jauh hari. Isi perangkat elektronik sebelum bepergian, simpan pengisi daya cadangan dan peralatan mandi di tas tangan.

Perjalanan yang menyenangkan
Bila Anda stres dalam perjalanan karena mabuk, bawa obat anti mabuk yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa orang membawa permen jahe atau papermint untuk meredakan perut mual. Selain menghilangkan rasa mual, permen juga membantu Anda membuka telinga yang mendapat tekanan di dalam pesawat karena perbedaan ketinggian.

Bila Anda memiliki fobia takut terbang atau naik kereta api, baiknya konsultasikan ke dokter dan meminta obat agar selama perjalanan Anda merasa tenang. Selain obat, Anda juga bisa mengoleskan minyak dengan wangi yang menenangkan seperti lavender di pelipis dan pergelangan tangan.

Baca juga: Kurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan di Perjalanan, Tips Ini Layak Anda Coba!

Nikmati perjalanan
Saat bepergian untuk bekerja, cobalah untuk bersantai dan buat semenyenangkan mungkin dengan membawa buku untuk dibaca, buku teka teki silang untuk diselesaikan atau mendengarkan lagu. Jika Anda dalam penerbangan jarak jauh, manfaatkan hiburan dalam penerbangan dan tonton film yang membangkitkan semangat untuk mengalihkan ketakutan Anda. Tak lupa untuk membawa foto keluarga tercinta saat bepergian dan luangkan waktu untuk menghubungi mereka sesering mungkin selama dinas.