Bikin Kamu Ngeces, Ini Deretan Kuliner Mewah di Perjalanan Kereta Klasik

(verdemode)

Urusan kuliner memang tak bisa dilepaskan dari layanan di kereta api, di Indonesia suguhan yang ditawarkan memang bukan kelas makanan mewah, melainkan makanan kemasan yang dipanaskan terlebih dahulu lewat microwave di gerbong restorasi. Namun di beberapa negara yang punya jaringan kereta lebih maju, sajian kuliner di kereta sudah dapat disejajarkan dengan kalas bintang lima.

Baca juga: Jalur Kereta Trans-Siberia Capai Usia 100 Tahun

Dirangkum KabarPenumpang.com dari verdemode.com, ada lima perjalanan kereta yang menghadirkan kuliner klasik nan mewah di dalam perjalanannya.

(verdemode)

The Grand Trans Siberian Express
Kereta Trans Siberian yang menghubungkan Moskow di barat dengan Vladivostok di Timur, merupakan perjalanan kereta api dengan jalur terpanjang di dunia. Dalam perjalanannya, Trans Siberian memberikan sebuah pengalaman kuliner yang diangkat dari kota-kota yang kurang dikunjungi di belahan bumi utara. Tiga gerbong makan Trans Siberian menawarkan menu sajian hidangan lokal Rusia, Mongolia dan Cina. Perjalanan selama 13 hari ini akan memberikan sensasi bagi penumpang dengan pilihan biaya $15.495 per orang untuk kamar double dan Imperial Suite dengan biaya $29.995 per orang.

The Gan
Perjalanan dari Darwin menuju Adelaide bisa menggunakan kereta The Gan. Dulunya bernama Afgan Express karena membawa pasokan ke beberapa tempat uang paling tidak terjangkau di pedalaman pada awal 1900-an. The Gan kini menawarkan sesuatu yang spektakuler untuk menikmati Jantung Australia dalam semua kemuliaan russetnya. Layanan Merah atau Red adalah yang paling populer di kalangan pelancong dengan anggaran terbatas dan menawarkan kursi malas serta akses ke dua kafe di dalam gerbong.

(verdemode)

Sedangkan layanan Emas atau Gold, pelancong bisa menikmati akses ke Queen Adelaide Restaurant dimana para koki menyiapkan menu musiman menggunakan produk lokal Australia yang segar. Tetapi jika pelancong mencari pengalaman kuliner kelas atas bisa memilih layanan Platinum. Dimana dalam layanan ini sarapan dan minuman disajikan dalam kabin. Mendapat akses ke Platinum Club yang belum lama diluncurkan yang menyajikan pengalaman bersantap tiada duanya. Layanan Gold akan dikenakan tarif mulai dari $1779 per orang dan layanan Platinum $3699 per orang yang mana semuanya sekali jalan dan mencakup semua fasilitas di dalam kereta.

Venice Simplon Orient Express
Orient Express menawarkan para pelancong kesempatan untuk melakukan perjalanan luasnya Eropa sambil menikmati masakan haute yang disiapkan dengan indah dan anggur berkualitas. Ada tidak kurang dari tiga mobil restoran sarat dengan kelezatan disulap oleh koki Perancis di rumah, dan jika tiga kali sehari tidak cukup ada gerbong makan 24 jam untuk memastikan tidak ada yang kelaparan.

Belmond, yang memiliki dan mengoperasikan Venice Simplon Orient Express, mengumumkan akan merayakan hari-hari perintis perjalanan kereta api dalam perjalanan kereta api perdana ke Berlin, yang terhubung dengan ibu kota Eropa yang bersejarah di London, Paris dan Berlin. Biaya yang dihabiskan London – Paris – Berlin biaya $3978 per orang selama dua hari, satu malam perjalanan perdana. Harganya sama untuk rute London – Paris – Venice klasik.

Al Andalus
Kagumilah arsitektur Arab yang dipengaruhi Seville, Cordoba, Granada, dan Jerez sambil dinikmati dan disantap di kereta mewah ini cocok untuk keluarga kerajaan. Kereta Al Andalus pernah digunakan oleh keluarga kerajaan Inggris dalam perjalanan tahunan mereka dari Calais ke Prancis Selatan. Kereta sekarang membawa para tamu dalam perjalanan tujuh hari, enam malam kembali dari Seville, mengunjungi berbagai situs Warisan Dunia UNESCO dalam perjalanan melalui pedesaan Andalucian.

(verdemode)

Al-Andalus menawarkan dua gerbong makan, Alhambra dan Gibralfaro, tujuh gerbonng mewah, lima di antaranya berasal dari tahun 1920-an, dan bagi mereka yang mencari hiburan ringan ada bar dan gerbong permainan terpisah untuk menghilangkan malam-malam tradisional. Sarapan prasmanan disajikan setiap hari, dua makan siang selama perjalanan dan makan malam setiap malam, disertai dengan anggur lokal yang lezat. €3500 per orang berbagi kabin Standard Double, €4100 per orang berbagi Kabin Superior.

Baca juga: Tengok Kemewahan “Venice Simplon – Orient Express, Kereta dengan Tarif Mulai Rp44 Juta


Restoran Tramcar Kolonial
Untuk sesuatu yang sama sekali berbeda, mengapa tidak mencoba pengalaman bersantap khas Australia The Colonial Tramcar Restaurant di Melbourne, Victoria. Dilengkapi dengan beludru merah anggur dan kuningan, trem Melbourne yang bersejarah tahun 1920-an ini berangkat dari Melbourne selatan setiap malam dalam perjalanan tiga jam perjalanan melalui jalan-jalan kota. Tiga staf di setiap trem menyediakan layanan yang ramah dan intim sambil duduk, bersantai, dan menikmati hidangan lima hidangan disertai dengan anggur Australia yang lezat. Acara makan inovatif ini populer di kalangan pengunjung sehingga pemesanan harus dilakukan hingga enam bulan sebelumnya. Dapatkan perencanaan, dan nikmati. Biayanya adalah $85 per orang untuk makan siang empat hidangan hingga $137,50 per orang untuk makan malam lima macam makan malam dan harga sudah termasuk minuman.