Bila Tak Cermat, Airbag Justru Bisa Membayakan Anda

Sumber: istimewa

Berkendara menggunakan mobil pribadi memang memberikan kenyamanan tersendiri pada si empunya kendaraan. Kendati kerap dicibir oleh berbagai kalangan karena disebut-sebut sebagai biang kemacetan, namun kondisi transportasi umum yang dirasa kurang nyaman menjadi salah satu senjata pamungkas mereka untuk menentang cibiran tersebut.

Baca Juga: 30 Tahun Airbag Hadir Untuk Keselamatan Dunia Otomotif

Nah, berbicara tentang kendaraan pribadi, salah satu perangkat keselamatan yang terdapat di dalamnya adalah kantung udara atau yang sering disebut airbag. Walaupun memiliki predikat sebagai alat yang dapat menyelamatkan nyawa penumpang dan pengemudi semisal terjadi kecelakaan, bukan berarti airbag tidak memiliki efek samping jika mengembang. Berikut, KabarPenumpang.com sarikan tips aman untuk menghindari cidera akibat airbag, dikutip dari laman citizen.co.za (26/4/2018)

Sesuaikan Tempat Duduk Anda
Khusus bagi pengemudi, airbag terletak pada bagian tengah dari kemudi. Maka dari itu, sebuah studi melaporkan bahwa ada baiknya, pengemudi mengatur jarak antara dada dan pusat kemudi sejauh 25cm.

Sesuaikan Posisi Duduk Anda
Usahakan supaya posisi airbag yang terdapat di balik kemudi tepat berada di depan dada Anda, bukan wajah. Ini dimaksudkan untuk melindungi bagian vital dari tubuh, yaitu jantung, paru-paru, dan organ dalam lainnya. Semisal Anda tidak cukup tinggi untuk mengarahkan airbag ke arah dada, upayakan untuk menggunakan bantal tambahan pada bagian kursi pengemudi, sehingga posisi airbag bisa berada tepat di depan dada Anda.

Jangan Halangi Alur Airbag
Mengingat posisi kemudi yang sedikit menyerong ke arah atas (muka), dan airbag pun akan mengembang searah dengan posisi kemudi, maka disarankan untuk menempatkan tangan Anda di kemudi pada arah jam 09.15, 10.10, atau 08.20. Posisi ini dianggap lebih aman ketimbang Anda memegang kemudi pada arah jam 12.30, karena dikhawatirkan akan mematahkan tangan Anda semisal airbag mengembang. Dan jangan pernah menghalangi laju kembang airbag!

Baca Juga: Sabuk Pengaman Juga Bisa Berakibat Fatal, Lho!

Tempatkan Anak Anda di Bangku Belakang
Efek dari tabrakan pada bagian depan memang tergantung dari laju kendaraan. Semakin kencang laju kendaraan Anda, maka dampak kecelakaannya pun akan semakin besar. Maka dari itu, ada baiknya tempatkan buah hati Anda pada deret bangku tengah, karena efek yang ditimbulkan semisal terjadi kecelakaan tidak terlalu besar.

Baca Manual Book
Baca lebih lanjut saran dan informasi yang tertera pada guide book atau manual book kendaraan Anda terkait dengan salah satu instrumen keselamatan berkendara ini.