Bilik Toilet di Bandara Narita Dilengkapi Kertas Tisu Untuk Smartphone

0
Ilustrasi membersihkan layar ponsel pintar dengan kertas tisu khusus ponsel (Fortune)

Biasanya di dalam sebuah bilik toilet, hanya ada satu gulungan kertas tisu. Namun, apa jadinya jika ada dua gulungan kertas tisu di dalam satu buah bilik toilet? Di Jepang tepatnya di Bandara Narita Tokyo, dalam setiap bilik toiletnya terdapat dua gulungan kertas tisu.

Baca juga: Cair Tapi Bukan Sabun, Lantas Apa yang Dikeluarkan Dispenser Sabun di Bandara Detroit?

Gulungan yang besar adalah kertas tisu biasa dan digunakan untuk menyeka setelah Anda buang air. Sedangkan gulungan lainnya lebih kecil dan digunakan untuk menyeka ponsel pintar alias smartphone Anda.

Mungkin Anda berpikir untuk apa kertas toilet dan apa hubungannya dengan ponsel pintar yang Anda bawa tersebut. KabarPenumpang.com merangkum dari laman fortune.com, ternyata lembaran kertas ini memang untuk membersihkan smartphone yang dibawa ke bilik toilet.

Kertas tisu untuk smartphone ini disediakan oleh NTT Docomo, salah satu operator seluler terbesar di Jepang. Perusahaan tersebut mengatakan, bahwa layanan ini merupakan respon terhadap temuan bahwa layar smartphone disebut-sebut lima kali lebih banyak mengandung kuman dibandingkan sebuah toilet duduk.

Kertas tisu khusus ponsel pintar (The Guardian)

Docomo juga menerbitkan video singkat yang menunjukkan bagaimana menggunakan spray dan informasi lainnya untuk membantu pengunjung mengatasi toilet umum hi-tech yang akan di hadapi di Jepang. Diketahui, toilet merupakan bisnis yang serius di Jepang, dimana bangunan umumnya dilengkapi dengan washlet berteknologi tinggi.

Menurut sebuah studi tahun 2013 oleh Ofcom, 11 persen orang Inggris mengaku melihat konten video di telepon, tablet atau laptop saat berada di kamar mandi. Angka itu 20 persen diantara berusia 18 sampai 24 tahun. Selain itu ternyata kuman berbahaya yang ditemukan di smartphone dapat menyebabkan muntah hingga infeksi kuman Ecoli.

Baca juga: Tujuh Bandara Ini Jadi Yang Terbaik Untuk Fasilitas Nursery Room

Dari survei yang dilakukan kepada para pelancong tentang toilet di Jepang, hasil menunjukkan bahwa pengunjung asing secara universal terkesan dengan kebersihan dan fleksibilitas toilet umum Jepang. Kertas toilet ini sudah dipasang di 86 bilik toilet di terminal kedatangan bandara dan ini ada sampai Maret 2017 kemarin. Setiap lembar kertas tisu untuk ponsel ini, berisi informasi tentang akses WiFi di bandara dan sebuah aplikasi dengan tips perjalanan.

Leave a Reply