Bioskop Drive-In Solusi Hiburan di Era Covid-19, Mungkinkah Bakal Hadir Lagi di Indonesia?

0
bioskop drive-in Dubai (Reuters)

Di awal dekade 70-an, Indonesia pernah menjadi operator bioskop drive-in pertama dan terbesar di Asia Tenggara, persisnya fasilitas hiburan di era Gubernur Ali Sadikin itu berada di Taman Impian Jaya Ancol. Namun karena tergilas zaman, bioskop drive-in kemudian ditutup pada awal dekade 90-an. Tapi melihat dampak yang terjadi akibat covid-19, mendadak gairan bioskop drive-in kembali bangkit di sejumlah negara Asia.

Baca juga: Pembatasan Dilonggarkan, Pekerja Inggris Tanpa ‘Social Distancing’ Padati Kereta dan Bus

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, foto menonton bioskop dari dalam mobil ini belum lama tersebar kembali di media sosial dan menjadi perhatian publik. Bioskop drive-in ini memanfaatkan lahan parkir mall dengan sebuah layar putih disematkan di salah satu gedung.

Kemudian puluhan mobil yang terparkir rapi dan diatur sedemikian rupa agar tak menghalangi pandangan yang lainnya. Bak bioskop sungguhan, saat mobil masuk ke tempat menonton, para pelanggan akan disapa petugas dan memberi arahan terkait tempat parkir dan ada bingkisan yang di berikan.

Nah, bagaimana kalau hal serupa ada di Indonesia tepatnya Jakarta? Ternyata bioskop drive-in sudah dalam rencana. Bioskop ini digagas oleh event organaizer Ergo and Co. Penyelenggara tersebut berencana untuk membawa pengalaman sinematik sambil tetap berpegang pada aturan pembatasan sosial skala besar (PSBB) di Jakarta. Hadirnya bioskop drive-in ternyata terinspirasi dari hal yang sama dan sudah ada di Korea serta Jerman.

petugas semprot desinfektan di mobil penonton bioskop dirve0in (Reuters)

“Sebenarnya sih idenya mencari peluang usaha di kondisi pandemi corona ini di mana semuanya serba susah. Di luar tuh di kondisi begini sudah ada yang jalan nih program Drive-In Cinema ini walau dengan nama berbeda,” kata Adam Hadziq, perwakilan Ergo and Co. dikutip dari kompas.com (14/5/2020).

Dengan adanya acara bioskop drive-in, Ergo and Co. berharap bisa memotivasi event organizer lain untuk terus beradaptasi dalam menciptakan acara-acara kreatif di tengah pandemi Covid-19.

“Kita pengin meng-encourage teman-teman lain untuk bikin sesuatu yang baru sih sebenarnya,” kata Adam.

Rencananya, bioskop drive-in akan dilangsungkan pada bulan Juni, namun belum menentukan tempat penyelenggaraannya. Diketahui, pda bulan Maret, sebuah bioskop drive-in di Seoul, Korea Selatan, melihat peningkatan penjualan 10-20 persen untuk hari kerja.

Sementara tiket akhir pekan selalu terjual habis, karena warga mencari ruang yang lebih aman untuk menikmati film tanpa risiko tertular Covid-19. Tak hanya itu, Festival Film Tribeca turut menyelenggarakan seri film musim panas di seluruh Amerika Serikat di bioskop drive-in.

Baca juga: Mau Naik Pesawat Saat PSBB? Kudu Siap Mati-matian Lakukan Hal Ini

Dengan demikian, hadirnya bioskop drive-in, maka masyakarat Indonesia dapat kembali nonton film layaknya di bioskop dengan layar lebar. Meski begitu, penonton tetap harus disiplin dengan aturan yang ada sepertinjaga jarak dan menggunakan masker.

Leave a Reply