Bisa Dibuka Langsung Oleh Petugas Keamanan Bandara, Inilah Gembok Koper TSA

0
Contoh Gembok TSA Built-in. Sumber: Samsonite

Sebagai negara Adikuasa, Amerika Serikat memiliki sejumlah aturan tambahan yang ditujukan untuk keseluruhan keamanan di negara berjuluk Negeri Paman Sam tersebut – tidak terkecuali di sektor kedirgantaraannya. Sebut saja agensi federal Transportation Security Administration (TSA) yang bertugas untuk menjaga keamanan di seluruh sektor transportasinya. Saking ketatnya, TSA sampai-sampai merilis gembok khusus berlabel lambang agensi federal tersebut.

Baca Juga: Bandara di AS Kian Ketat, TSA Wajibkan Pemeriksaan Terpisah Pada Perangkat Elektronik

Adalah gembok TSA, gembok khusus yang memiliki beragam jenis dan memiliki satu kunci master yang tidak bisa dimiliki oleh sembarang orang. Biasanya kunci master ini hanya dimiliki oleh pihak TSA di berbagai infrastruktur transportasi, seperti bandara dan stasiun. Nah, mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, apa fungsi dari kunci master tersebut. Sebagai informasi tambahan, gembok TSA memiliki satu lubang kunci kecil untuk si kunci master tersebut – kebanyakan TSA menggunakan gembok kombinasi nomor, bukan gembok kunci biasa.

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, kunci master tersebut berfungsi agar petugas TSA dapat menginspeksi koper penumpang yang dicurigai membawa barang-barang berbahaya seperti senjata tajam, senjata api, bahan peledak, dan segala hal yang dapat berdampak pada perjalanan penumpang. Inspeksi koper dengan menggunakan kunci master ini semata-mata untuk alasan keamanan.

Untuk jenis dari master key-nya sendiri pun beragam. Anda bisa lihat ada tulisan TSA yang diikuti dengan deret tiga angka. Sederhananya seperti ini, di gembok A, Anda melihat kode TSA001, itu berarti petugas TSA membutuhkan kunci master TSA001 untuk membuka gembok tersebut, dan seterusnya.

Contoh Notice of Baggage Inspection. Sumber: Falando de Viagem

Nah, untuk menandai bahwa koper yang dicurigai tersebut sudah melewati tahap inspeksi sebelumnya, biasa petugas TSA akan melampirkan secarik kertas tertanda Notice of Baggage Inspection. Hal ini ditujukan agar penumpang tidak bingung semisal barang yang ada di dalam koper jadi berantakan atau berpindah posisi pasca inspeksi.

Lalu bagaimana semisal gembok yang Anda gunakan bukanlah gembok TSA – hanya gembok biasa? Tentu ini tidak jadi masalah bagi petugas TSA, karena mereka akan melakukan cara apupun sehingga mereka bisa menginspeksi tas yang mereka curigai – kembali, alasan keamanan menjadi latar belakang yang cukup kuat.

Memang, Anda tidak diwajibkan untuk menggunakan gembok TSA, namun disarankan.

Mungkin anda semua akan paranoid ketika petugas TSA membuka dan menginspeksi isi koper Anda. Nah, patut diketahui, para petugas TSA ini bekerja di bawah payung hukum, di mana jika mereka kedapatan ‘menguntit’ barang penumpang, maka mereka akan diperkarakan – petugas TSA bekerja di bawah pengawasan kamera CCTV yang cukup ketat, sehingga tidak ada celah bagi mereka untuk berbuat curang.

Baca Juga: Tangkal Aksi Teror di Bandara, Angkasa Pura Airports Gandeng TSA

Tapi tenang, Anda tidak perlu khawatir karena inspeksi via kunci master gembok TSA seperti ini hanya berlaku di Amerika Serikat saja, walaupun sempat beredar isu bahwa inspeksi semacam ini hendak diperluas di daerah Kanada dan sekitarnya.

 

Leave a Reply