Bosan Antri Lama di Bandara, Begini Cara Cepat Ambil Barang di Klaim Bagasi

Sumber: cntraveler.com

Setiap penumpang pesawat terbang saat mendarat pasti tujuan utamanya adalah baggage carousel atau ban berjalan tempat untuk klaim bagasi. Tak hanya itu, terkadang penumpang juga berharap tas atau barang mereka yang pertama keluar dibandingkan milik yang lain.

Kabarpenumpang.com merangkum dari cntraveler.com (5/7/2017), mendapat tas pertama adalah suatu hal yang paling ditunggu semua penumpang. Seperti yang dikatakan Emily McNutt dari Asosiate editor The Point Guy, beberapa pelancong sering berpikir dan mengatakan pada petugas saat check in agar tas mereka bisa menjadi yang pertama saat berada di ban berjalan saat klaim bagasi.

Baca juga: Unik, Penumpang Masukkan Sebuah Bir Kaleng Ke Bagasi Pesawat dan Diberi ‘Tag’

Padahal setiap maskapai penerbangan memiliki cara tersendiri untuk melakukan proses bongkar muat barang-barang dari ruang kargo untuk sampai pada ban berjalan di area klaim bagasi. Sehingga sebenarnya sebagai penumpang pesawat harus bisa bersabar untuk menunggu tas dan barang Anda.

Emily mengatakan beberapa ground crew memuat tas-tas besar untuk menyeimbangkan bobot pada bagian body pesawat dan yang lainnya di letakkan di sektor bawaan individu. Apalagi penumpang tidak tahu proses di balik layar dalam penanganan tas-tas mereka saat masuk dan keluar dari pesawat. Intinya tidak ada yang bisa memanipulassi sistem untuk hasil yang lebih cepat.

Baca juga: Penanganan Bagasi di Bandara Kini Libatkan Teknologi RFID

Tetapi ada pengecualian untuk Anda yang bersedia membayar agar tas di dahulukan saat dikeluarkan dari kargo pesawat. Beda lagi dengan penumpang yang memiliki status elite dimana memesan tempat pada kelas utama atau bisnis. Bila Anda sebagai penumpang kelas utama ini, pastinya mendapat fasilitas papan atas yang lebih baik dan lebih nyaman, termasuk dalam hal penanganan bagasi ikut menjadi prioritas utama dan koper Anda bisa langsung sampai pada Anda tanpa harus menunggu lama di ban berjalan. Dalam hal ini, Emily menyarankan agar petugas counter check in mengetahui Anda sebelumnya sudah mendapat status.

“Saat Anda menurunkan tas Anda ke check in counter, pastikan Anda melihat tag di sana. Selama nomor pesanan penerbangan Anda dikaitkan dengan pemesanan penerbangan Anda, mereka akan bisa memberi tahu,” kata emily.

Baca juga: Terlambat 2 Jam, Bagasi Penumpang Malindo Air Tak Kunjung Tiba Setelah 5 Jam Menanti

Tak hanya itu, saat ini maskapai sedang melakukan perbaikan teknologi untuk mengurangi tekanan pada arus tas penumpang. “Track My Bags” Qatar Airways memungkinkan Anda melihat apakah tas Anda saat check-in, dalam transfer, atau sampai di tempat tujuan, Delta Airlines memperkenalkan teknologi pelacakan bagasi baru di aplikasinya tahun lalu.

“Ketika aktivitas bongkar dilakukan di apron, Anda dapat melihat di mana tas Anda dan memantau ke mana arahnya di bandara, dan memperkirakan waktu ketika tiba di klaim bagasi,” kata Emily.