Tuesday, April 16, 2024
HomeBandaraBritish Airways Siap Uji Coba Robot di Bandara Heathrow

British Airways Siap Uji Coba Robot di Bandara Heathrow

Lagi-lagi eksistensi dari robot menggetarkan jagad aviasi global. Setelah sejumlah bandara di dunia mulai mengoperasikan robot berdampingan dengan tenaga manusia, kini giliran maskapai British Airways yang akan mempekerjakan perangkat pintar ini di sekitaran Bandara Heathrow. Sama seperti robot-robot lainnya, kelak robot multibahasa berwarna dasar hitam-putih ini akan membantu dan berinteraksi dengan setiap penumpang yang membutuhkan bantuannya.

Baca Juga: RADA! Robot Berteknologi Artificial Intelligence di Bandara Indira Gandhi

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman metro.co.uk (19/12), adapun zona operasi dari robot ini berada di sekitaran Terminal 5, dimana mereka siap untuk mengantarkan penumpang menuju kafe, toilet, meeting room, hingga zona check-in.

Namun tidak seperti bandara lain yang mengintegrasikan setiap teknologinya, Bandara Heathrow ini bisa dibilang masih cukup ‘tradisional’, sehingga kehadiran dari robot ini lebih ditujukan untuk mengurangi beban yang ditanggung oleh staf bandara – seperti menjawab pertanyaan penumpang dan lain-lain.

Ya, ‘tekanan’ yang dialami oleh staf Bandara Heathrow tidaklah seringan yang Anda kira, karena sekitar 90.000 penumpang sibuk hilir mudik di bandara tersibuk di Inggris ini setiap harinya.

Menurut bocoran, nama dari robot ini adalah Bill – terinspirasi dari nama kapten layanan penerbangan internasional harian penumpang pertama di dunia, Lieutenant EH ‘Bill’ Lawford.

Menilik dari segi teknologi yang tersemat di dalamnya, Bill menggunakan teknologi geolocation dan puluhan sensor, yang membuatnya bebas bergerak kemana pun tanpa khawatir menabrak barang atau manusia.

Rencananya, dua unit Bill ini akan diujicoba pada Februari 2020 mendatang. Jika berjalan sesuai rencana, maka bukan tidak mungkin apabila perjalanan penumpang di Bandara Heathrow akan menjadi lebih nyaman dan cepat.

Baca Juga: Giliran Bandara Seattle Gunakan Jasa Robot Untuk Layani Calon Penumpang

“Di masa depan, saya membayangkan armada robot yang bekerja berdampingan dengan orang-orang kami yang menawarkan pengalaman perjalanan yang benar-benar mulus.” Ujar Ricardo Vidal, kepala inovasi di British Airways.

Sebagai informasi tambahan, robot Bill tersebut akan dipasok oleh perusahaan BotsAndUs yang berbasis di London barat dan merupakan bagian dari investasi British Airways senilai £6,5 miliar dalam upaya perusahaan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru