Wednesday, April 17, 2024
HomeBus dalam kotaBSD City Bakal Punya Solusi Smart Mobility dari Kerja sama Antara Sinar...

BSD City Bakal Punya Solusi Smart Mobility dari Kerja sama Antara Sinar Mas Land dengan Mitabana

Bumi Serpong Damai (BSD) City di Tangerang Selatan, Banten belum lama ini mandapatkan solusi kemudahan mobilitas cerdas melalui angkutan umum terintegrasi berkelanjutan dan sangat mudah diakses warganya. Solusi ini diluncurkan atas kemitraan Mitabana yang adalah perusahaan patungan Mitsubishi Corporation Jepang dan Surbana Jurong Singapura dengan Sinar Mas Land.

Baca juga: Cukup Sekali Pengisian, Mobil Listrik Volvo Bisa Menjelajah Hingga 999 Km

Dimana ini ditujukan untuk diimplementasikan pada awal tahun depan dengan solusi mobilitas pintar berkelanjutan yang akan meningkatkan akses ke fasilitas umum. Selain itu juga akan meningkatkan jumlah penumpang, konektivitas ke pusat kota Jakarta dan mengurani emisi karbon dari pembangunan kota mandiri yang direncanakan.

Solusi mobilitas yang baru diumumkan akan menguntungkan para penumpang yang saat ini menggunakan layanan bus dan kereta api di hub transit Intermoda di BSD City, di mana pengembangan berorientasi transit (TOD) baru sedang berlangsung oleh kemitraan baru Sinar Mas Land-Mitbana, bernama PT Sinar Mitbana Mas. TOD seluas enam hektar ini terletak di sebelah stasiun kereta Commuter Line Cisauk, yang menghubungkan Sudirman Central Business District Jakarta dan juga menjadi tempat pertukaran bus yang melayani area BSD yang lebih luas.

“TOD memainkan peran penting dalam mengurangi tekanan populasi urbanisasi yang cepat dan mempromosikan pilihan transportasi umum yang diperlukan untuk masa depan yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Model transit responsif permintaan yang mengurangi kepadatan dan menyediakan perjalanan yang lebih aman akan benar-benar menjadi pengubah permainan, karena meletakkan dasar untuk infrastruktur transportasi umum yang cerdas dan berkelanjutan di BSD City,” kata Gareth Wong, CEO Mitbana dan Presiden Direktur Sinar Mitbana Mas yang dikutip KabarPenumpang.com dari thejakartapost.com (9/11/2021).

CEO Sinar Mas Land Residential BSD City dan Wakil Presiden Direktur Sinar Mitbana Mas Theodore Thenoch mengatakan, Sinar Mas Land bertujuan untuk menciptakan kota mandiri yang siap masa depan dengan solusi mobilitas yang efektif dan komprehensif. Transportasi umum adalah rencana jangka panjang untuk perjalanan yang lebih baik antara BSD City dan Jakarta untuk meningkatkan kualitas hidup warga BSD City.

Dia menambahkan bahwa kemitraan baru ini mengambil pendekatan yang berani dalam meningkatkan konektivitas transportasi di kotapraja yang direncanakan. Bagian penting dari rencana tersebut adalah pengenalan layanan tanggap permintaan untuk menghubungkan transfer dari kereta api ke jaringan bus BSD Link, yang dioperasikan oleh Sinar Mas Land. Untuk mewujudkan hal tersebut, Sinar Mitbana Mas berencana untuk mengimplementasikan solusi mobilitas baru yang menggunakan algoritma pintar untuk menyesuaikan rute bus secara dinamis dalam menanggapi perubahan kondisi jalan dan lalu lintas serta pola permintaan. Untuk memberikan kemudahan penggunaan bagi seluruh komuter, layanan baru ini akan terintegrasi dengan aplikasi OneSmile Sinar Mas Land untuk komunitas BSD City.

Solusi mobilitas pintar akan disinkronkan dengan jadwal kereta api untuk memungkinkan para komuter merencanakan perjalanan mereka dengan lebih baik sambil membantu mengurangi kepadatan layanan transit ke dan dari Jakarta Pusat. Sebuah studi perencanaan mobilitas enam bulan yang komprehensif sedang dilakukan oleh SWAT Mobility, sebuah perusahaan solusi mobilitas pintar yang berbasis di Singapura, untuk menilai konektivitas BSD Link.

Baca juga: Project Vektor, Mobil Otonom untuk Kota Pintar Buatan Jaguar Land Rover

Kolaborasi ini difasilitasi oleh Enterprise Singapore (ESG), sebuah lembaga pemerintah di bawah Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura. ESG telah menghubungkan Mitbana dengan pemain mobilitas perkotaan di negara pulau yang memiliki keahlian yang relevan, termasuk SWAT Mobility, untuk memastikan keberhasilannya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru