Buang Stigma Jorok, Cina Lakukan Revolusi Toilet di Kereta Api

Sumber: easytourchina.com

Eksistensi toilet umum di moda transportasi baik darat, laut, maupun udara sangatlah menunjang kenyamanan para penumpangnya selama melakukan mobilisasi dari satu tempat menuju  tempat lainnya. Dapat dibayangkan jika perjalanan jarak jauh yang Anda tempuh tidak dibarengi dengan hadirnya toilet di moda tersebut, tentunya sangat menyiksa bukan?

Baca Juga: Tidak Lagi Gunakan Toilet “Bolong,” PT KAI Ganti Dengan Septic Tank

Nah jika dulu moda kereta api selalu mengandalkan toilet yang tidak memiliki penampung, kini semuanya sudah berubah seiring perkembangan jaman. Meniru toilet pesawat yang menggunakan sistem vakum, beberapa moda transportasi berbasis rel di dunia pun turut meramaikan pasar toilet vakum. Selain kotorannya tidak dibuang langsung ke rel, sistem toilet ini juga dinilai lebih higienis dan dapat mencegah berbagai penyakit.

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman xinhuanet.com (4/2/2018), revolusi toilet pada kereta ini tidak hanya sebatas pada fasilitasnya saja, melainkan pada sumber daya manusianya juga. Beberapa kereta berkecepatan tinggi yang tersebar di Negeri Tirai Bambu mempekerjakan petugas yang memantau kebersihan dan kelaikan toilet-toilet tersebut. Seperti halnya Huang Xueying, seorang petugas kebersihan yang bekerja di kereta berkecepatan tinggi G79 Beijing – Guangzhou.

Dirinya memiliki sembilan kain pembersih dan dua lap pel yang dikhususkan. Satu alat pembersih mewakili satu objek yang dibersihkan, semuanya dibedakan berdasarkan warna. “Alat yang dibersihkan memiliki pembersihnya masing-masing, dan semuanya diklasifikasikan dengan menggunakan warna,” tutur Huang. “Lap biru untuk membersihkan kursi toilet, sedangkan lap putih untuk membersihkan cermin,” lanjutnya sembari menerangkan.

Di Cina, sudah jarang sekali ditemukan kereta yang masih menggunakan toilet jongkok yang dari dulu terkenal jorok dan tidak memiliki fasilitas septic tank. Situasi tersebut sudah berubah seiring perubahan besar-besaran pada sistem perkeretaapian Cina. Kereta peluru yang baru dilengkapi dengan toilet vakum dan pembersih full-time, seperti halnya Huang dalam kasus ini.

Dalam delapan jam waktu bekerjanya, Huang harus bolak-balik memeriksa kondisi toilet secara menyeluruh, mulai dari membersihkan toilet hingga mencatat semua kondisi dan kelengkapan toilet. Sebut saja cermin, penutup toilet, wastafel, sisir sekali pakai, sabun pencuci tangan, tissue, hingga tanaman hias merupakan beberapa kelengkapan yang dapat dijumpai di dalam toilet kereta cepat Cina.

Baca Juga: Universal Access Toilet, Toilet Berkonsep Futuristik Untuk Kereta

“Semuanya disterilkan, kami ingin para penumpang yang menggunakan fasilitas ini bisa nyaman menggunakannya,” ungkap Zhong Zhaoshuang, kepala konduktor kereta api.

Adapun ravolusi toilet kereta api ini berdurasi tiga tahun yang dimulai sejak tahun 2015 silam. Dalam revolusi yang dilakukan oleh National Tourism Administration Cina ini membidik 33.000 pemasangan toilet baru dan membenahi 24.000 toilet lainnya. “Ini merupakan tugas yang tidaklah mudah bagi kami, tapi kepuasan konsumen adalah tujuan utama kami,” ungkap Huang. “Selama semuanya puas, rasa lelah kami pun terbayar lunas.” Tutupnya.