Bukan Hanya Shuttle Bus Vs A320neo Batik Air, Inilah 6 Insiden Mobil Tabrak Pesawat Terpopuler

0
Insiden shuttle bus menabrak bagian mesin ATR-42 Air India di Bandara Kalkuta, India, pada 22 Desember 2015 (Daily Mail)

Pada Sabtu sore, 3 Maret 2021, shuttle bus maskapai Batik Air menabrak bagian bawah moncong pesawat Batik Air. Kejadian tersebut diduga terjadi di apron Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Baca juga: Insiden Shuttle Bus Tabrak Pesawat A320neo Batik Air Jadi Bahan Ejekan Netizen Asing

Sebelum Batik Air, insiden serupa juga pernah terjadi di berbagai belahan bumi. Namun, tak semua insiden mobil menabrak pesawat dan sebaliknya pesawat menabrak mobil yang menyita perhatian. Agar lebih jelas, berikut KabarPenumpang.com rangkum enam insiden mobil tabrak pesawat terpopuler.

1. Mobil Van Tabrak Pesawat Dragon Air

Foto: Twitter/Mirror

Pada September 2016 lalu, sebuah mobil van dikabarkan menabrak pesawat milik Dragon Air. Kronologi kejadian itu bermula ketika pesawat hendak lepas landas. Setelah persiapan selesai dan mendapat clearance dari petugas, pesawat mulai meluncur. Namun, tak lama kemudian, sebuah mobil van muncul di runway dari arah berlawanan. Pesawat akhirnya menabrak mesin dan sempat terseret sejauh beberapa meter.

2. Mobil AP 1 Tabrak Pesawat Wings Air

Satu pesawat milik Wings Air terpaksa tidak terbang atau grounded hingga saat ini akibat ditabrak kendaraan operasional PT Angkasa Pura I, ketika tengah parkir di apron Bandara Juanda Surabaya, 2017 silam.

Namun, entah bagaimana, mobil tersebut tiba-tiba mundur sendiri dan menabrak pesawat Wings Air yang tengah parkir di parking stand 27. Akibatnya, badan pesawat yang dekat roda mengalami penyok.

3. Mobil AC Tabrak Pesawat Silk Air

Foto: Tribunnews

Pesawat Boeing 737 Silk Air dengan nomor registrasi 9V-MGG dilaporkan ditabrak mobil AC PT JAS Aero-Engineering Services di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, pada Desember 2017 silam. Akibat kejadian itu, badan pesawat sobek 25 cm.

4. Mobil Polisi Tabrak Pesawat

Mobil tabrak pesawat juga dilaporkan pernah terjadi di Brazil, Amerika Selatan. Ketika itu, pada November 2011, kepolisian Brazil dengan sengaja menabrakkan mobilnya ke pesawat penyelundup yang hendak lepas landas dari bandara kecil. Mobil diketahui menabrak bagian sayap kiri pesawat hingga patah.

5. Mobil Katering Tabrak Pesawat Japan Airlines

Sebuah pesawat Japan Airlines (JAL) yang tengah parkir di apron terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dilaporkan robek di bagian kanan belakang. Pesawat JAL JA606B tersebut robek akibat tertabrak mobil katering milik Aerofood ACS (Garuda Indonesia Group) pada Februari 2020 lalu.

Baca juga: Bodi Pesawat JAL Robek Gegara Tertabrak Truk Katering Garuda, “Netizen: Gaji 100 Tahun Pun Ga Akan Sanggup Bayar”

6. Pesawat Tabrak Mobil

Foto: Tenerife News

Selain mobil tabrak pesawat, insiden pesawat tabrak mobil juga pernah terjadi. Salah satunya pada Juni 2017 lalu. Ketika itu, sebuah pesawat yang akan lepas landas tiba-tiba bertabrakan dengan mobil di dekat landasan pacu di bandara Alicante-Elche, Spanyol.

Dilansir dari Dailymail, insiden terjadi ketika pesawat yang akan terbang menuju ke Roma bergerak ke arah landasan tiba-tiba bertabrakan dengan sebuah mobil. Akibatnya mesin bagian kanan pesawat mengalami kerusakan.

LEAVE A REPLY