Bus dan Kereta Tetap Nyalakan Pendingin Meski Suhu di Luar Dingin, Apa Alasannya?

0
thesource.metro.net

Pendingin udara atau AC dalam angkutan umum selalu dinyalakan meski cuaca di luar cukup dingin. Apa alasan pendingin udara ini dinyalakan? Apakah penumpang di dalam tidak akan beku atau menggigil? Pertanyaan ini kerap kali terlontar dari para penumpang.

Baca juga: Tips Ini Bisa Bantu Hilangkan Udara Panas Dalam Kabin Mobil

Ternyata ada alasan pasti pendingin udara dinyalakan meski cuaca diluar cukup dingin. KabarPenumpang.com melansir laman thesource.metro.net, mendapatkan bahwa alasan utamanya adalah karena bus dan kereta api merupakan ruangan yang tertutup. Sehingga sistem HVAC (pemanas, ventilasi dan pendingin udara) harus tetap digunakan untuk memastikan sirkulasi udara yang tepat untuk semua orang di dalamnya.

Bahkan ketika cuaca dingin, bus dan kereta api bisa menjadi pengap dan hangat apalagi ketika banyak penumpang di dalamnya dan menghasilkan panas serta bernafas pada saat yang sama. Alasan lainnya adalah untuk mempertahankan pendingin udara tetap kering. Sebab, interior yang hangat dan lembab cenderung mendorong pertumbuhan bakteri dan membantu menghasilkan bau yang lebih kuat.

Tak hanya itu, suhu untuk area penumpang juga sudah ditentukan sebelumnya di berbagai divisi bus atau kereta api metro. Ini biasanya ditetapkan untuk mengakomodasi penumpang rata-rata. Hal tersebut diterapkan juga agar ketika bus terisi penuh ataupun tidak penuh, yang pada intinya agar semua penumpang merasa nyaman.

Suhu dalam bus atau kereta juga terus dipantau dan diatur berdasarkan suhu aktual dalam kendaraan. Tetapi penumpang di dalam bus akan merasa suhu lebih dingin ketika ada lebih sedikit penumpang di dalamnya apalagi ketika ada yang turun meninggalkan bus.

Namun kemudian bagaimana jika suhu di dalam terlalu dingin atau terlalu hangat? Penumpang bisa memberitahu operator bus atau kereta api dan mereka akan menyesuaikan suhu dalam kisaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Mereka juga bisa mematikan sistem kontrol iklim sepenuhnya jika situasi memerlukannya.

Baca juga: Kereta Uap Kalimantan, Pelancong Diajak Jelajah Hutan Borneo Tanpa Pendingin Udara

Tetapi yang perlu diingat bahwa apa yang panas atau dingin untuk seorang penumpang yang satu bisa berbeda dengan yang dilaporkan oleh penumpang lainnya. Bahkan para operator bus atau kereta akan membuat penumpang nyaman dengan memberikan yang terbaik kepada sebanyak mungkin orang sambil mempertahankan lingkungan yang paling optimal.

Leave a Reply