Bus Listrik Otonom Melenggang Mulus di Bandara Haneda

0
ANA berencana akan mengoperasikan bus listrik otomatis pada akhir tahun 2020 mendatang. Foto: SB Drive

Era otomatisasi di bandara sepertinya sudah semakin dekat. Setelah Airbus sukses mengujicoba pesawat pertamanya dengan lancar, kali ini ada maskapai asal Negeri Sakura, All Nippon Airways (ANA) yang juga sukses mengujicoba layanan terbarunya. Namun, bukan mengujicoba pesawat otomatis seperti Airbus, melainkan, mengujicoba bus listrik otonom.

Baca juga: Dear, Pilot! Airbus A350-1000 Berhasil Lepas Landas Otomatis, Loh!

Seperti dikutip dari laman newatlas.com, Kamis (23/1), belum lama ini ANA, bekerja sama dengan SB Drive, Advanced Smart Mobility, dan BYD, sukses menguji bus listrik otonom di Bandara Internasional Haneda di Tokyo, Jepang.

Seperti video yang dilihat KabarPenumpang.com di kanal YouTube SoftBank, bus yang tetap dijaga oleh seorang supir tersebut (jika sewaktu-waktu sistem kolaps) sukses melewati beberapa rintangan dengan mulus, seperti jalan menikung, berputar arah 360 derajat, hingga parkir. Menariknya, bus dengan kemudi bergerak sendiri bak hantu ini juga cukup peka terhadap sekeliling.

Dalam uji coba tersebut, ketika hendak berputar arah, bus tiba-tiba menghentikan laju dengan halus (tidak berhenti mendadak) akibat adanya kendaraan lain yang ingin melintas. Tampak, bus tersebut berhenti setelah mendeteksi adanya kendaraan lain yang melintas dalam radius sekitar lima meter.

Namun, pada momen lainnya, ketika bus hendak berbelok dan terdapat kendaraan lain di depan yang juga ingin berbelok ke arah yang sama, bus tersebut tidak menghentikan laju, melainkan hanya memperlambat, tidak berhenti pada momen sebelumnya. Jadi, bus tersebut terlihat cukup efisien dan aman bila nantinya secara reguler digunakan untuk melayani penumpang.

Saat ini, uji coba bus listrik otonom tersebut sudah memasuki tahap terakhir. Nantinya, ANA dan mitra bisnisnya akan mengujicoba bus pada rute sepanjang hampir dua kilometer, di jalan-jalan umum di sekeliling bandara.

“Setelah sepenuhnya diterapkan, bus listrik otonom akan memungkinkan kami untuk memberikan pengalaman transit yang lebih nyaman bagi penumpang kami sambil juga meningkatkan efisiensi bagi staf bandara kami,” kata salah seorang petinggi ANA, Shinzo Shimizu.

Baca juga: Olli, Bus Autonomous yang Bisa Diajak Bicara

Meskipun pengemudi tetap akan berada di depan kemudi, tetapi, poin terpentingnya adalah untuk melihat bagaimana kendaraan mampu melewati semua kendala di dunia nyata tanpa keterlibatan manusia terlalu banyak. Jika semuanya berjalan baik, ANA berencana akan mengoperasikan bus listrik otomatis tersebut akhir tahun 2020 mendatang.

All Nippon Airways (ANA) dan SB Drive sendiri pertama kali mengumumkan kerjasamanya untuk menguji bus listrik otonom pada Februari 2018 silam. Kunci dari bus listrik otonom tersebut terletak pada kamera dan sistem kendali jarak jauh. Kamera yang dipasang pada kendaraan menawarkan gambar internal dan eksternal dengan akurasi tinggi. Selain itu, kamera yang terpasar di segala sudut bus tersebut juga membuat sistem untuk melaporkan data lokasi dan kecepatan hingga memungkinkan untuk dipantau dan dikendalikan dari jarak jauh.

Leave a Reply