“Bus Sekolah Gratis,” Aplikasi Monitoring Bus Sekolah di Jakarta

www.otoniaga.com

Beruntunglah para siswa siswi di DKI Jakarta, diantara beragam fasilitas penunjang, ada moda transportasi yang disebut bus sekolah gratis. Bus berwarna kuning ini memiliki tujuan masing-masing, ibarat kata memudahkan anak sekolah menaiki kendaraan gratis dari rumah mereka menuju sekolah. Tak hanya dimudahkan dan digratiskan, anak sekolah kini bisa mengetahui keberadaan bus kuning ini dengan aplikasi yang bisa di unduh di Google Playstore dengan nama Bus Sekolah Gratis. Gratis dan mudah, ini yang biasanya di yang cari anak sekolah.
bus-sekolahAplikasi ini dibuat oleh Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dishubtrans DKI Jakarta.dalam pengoperasiannya, siswa-siswi dimudahkan dengan memasukkan username dan password untuk versi lawasya. Untuk versi terbaru, bagi yang baru menggunakannya, siswa-siswai ini bisa lagsung masuk dengan Facebook, Twitter dan G+ tanpa menggunakan username dan password lagi.

Dilansir dari beritajakarta.com (19/4/2016), Ka UPAS Dishubtrans DKI Jakarta, Mohammad Insaf mengatakan, aplikasi tersebut bisa di unduh di smartphone Android. Didalamnya masyarakat bisa mengetahui informasi tetntang rute bus sekolah, jadwal, rekam perjalanan dan lainnya.

“Bahkan kita juga bisa tahu posisi bus, kecepatan kendaraan, nama pengemudi dan kondekturnya. Sebab aplikasi didukung dengan Google Maps,” ujar Insaf.

Sebenarnya aplikasi ini pertama kali di luncurkan Desember 2015 lalu dan mulai efektif sejak April 2016. Selain digunakan siswa-siswi, orangtua juga bisa memantau pergerakan bus sekolah yang melintasi Jakarta ini.

Hingga kini, aplikasi yang baru ada di playstore ini sudah di unduh 1000 kali. Jumlah ini pastinya akan meningkat, karena aplikasi ini sangat berguna untuk siswa-siswi dan orang tua. Selain itu dengan semakin mudahnya untuk masuk menggunakan aplikasi ini, Insaf yakin akan semakin banyak siswa-siswi dan orangtua yang mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.
UntitledTampilan aplikasi ini unik dengan bus berwarna kuning dan ada gambar tiga orang anak sekolah disamping bus tersebut. setelah terunduh aka nada pilihan bagi pengguna masuk dengan username atau melalui media sosial lainnya yang sudah disebutkan. Setelah itu, di awal atau beranda akan terdapat empat pilihan yakni busku, ruteku, daftar busku dan sekolahku. Bila memilih busku, akan keluar tampilan nomor bus dan bisa dilihat di peta bus sedang ada dimana tergantung nomor bus yang Anda pilih. Utnuk pilihan rute tak jauh berbeda dengan melihat keberadaan bus.

Sayangnya, sejak pertengahan tahun 2106 lalu, karena ada perubahan pada aplikasi, banyak siswa-siswi yang mengeluh. Permasalahan yang muncul seperti maps yang hilang, GPS (Global Postioning System) bus tak menentu, dan lainnya. Banyak diantara pengguna aplikasi bus sekolah ini menginginkan kembali seperti awal. Menurut mereka, versi lawas justru lebih akurat dan bagus dibandingkan versi saat ini yang justru menambah repot para pengguna.

Bus sekolah yang ada di Jakarta sudah ada sejak 19 Juni 2007 di awal tahun ajaran baru kenaikan kelas. Saat itu, Dishubtrans DKI Jakarta baru memiliki 34 armada dengan 6 rute. Selain itu, pada tahun 2012, bus sekolah bertambah hingga 48 armada yang sudah beroperasi hampir di semua rute DKI Jakarta. Hingga kini sejak kemunculannya di tahun 2007 silam, sudah ada 140 armada yang beroperasi di seluruh Jakarta dan tahun 2018 mendatang akan di tambah 100 armada lagi.