Bus Tingkat Bertenaga Hidrogen Meriahkan Asian Games 2018

Kendaraan tanpa emisi salah satu pilihan untuk mengurangi polusi udara dan membuat kuailtas udara menjadi semakin baik. Pada Asian Games 2018 yang diadakan di Jakarta dan Palembang ini, akan kehadiran bus bertingkat bertenaga hidrogen selama perhelatan dari 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

Baca juga: Toyota Luncurkan SORA, Bus Berbahan Bakar Sel yang Ramah Lingkungan

KabarPenumpang.com melansir dari laman renewableenergymagazine.com (10/8/2018), demonstrasi bus bertenaga hidrogen ini sendiri disampaikan oleh penyedia energi terpadu dan mobilitas emisi nol, Ecubes Arcola. Ecubes Arcola selain mendemonstarasikan juga akan mengadakan roadshow pendidikan selama seminggu di kota-kota Indonesia, membuat lokakarya teknologi secara langsung untuk lebih dari seribu anak muda d Sumatera Selatan dan Jawa.

Program ini sendiri merupakan bagian dari strategi Ecubes Arcola yang lebih luas untuk penggunaan tenaga hidrogen yang bersih, dimana infrastruktur energi seluruh wilayah melalui proyek-proyek pelengkap di seluruh sektor pembangkit listrik dan transportasi berdasar pada teknologi.

“Memberikan solusi untuk dunia energi yang berkelanjutan tidak lagi masalah mengatasi hambatan teknologi, tetapi tentang tantangan kepemimpinan. Sumatera Selatan menunjukkan kepemimpinan yang kuat dalam mengembangkan ekonomi hijau, seperti yang ditunjukkan oleh solusi perintis berdasarkan teknologi terkait hidrogen sejak 2016,” kata Aleksander Gerbec, Presiden Direktur Ecubes Arcola.

Managing Director Ecubes Arcola, Ben Todd menambahkan, integrasi infrastruktur lintas sektor memungkinkan adanya peningkatan serta percepatan penetrasi energi terbarukan ke dalam bauran daya. Sehingga secara bersamaan pula menghasilkan transportasi dengan emisi nol.

Bersamaan dengan kegiatan di pertandingan, di Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran di London pada 10 Agustus 2018 kemarin, mempromosikan Investasi energi bersih di Indonesia dan menandai peluncuran praktis kemitraan antara Ecubes Arcola dan sponsor dari Asian Games Education program di kawasan ASEAN, Serba Dinamik. Acara ini juga memamerkan teknologi nol emisi Inggris yang mutakhir dengan demonstrasi bus listrik sel bahan bakar hidrogen bertingkat, yang dikembangkan oleh Arcola Energy menggunakan kendaraan basis Alexander Dennis dengan melakukan perjalanan ke Westminster.

Selain bus hidrogen, dua minivan hidrogen juga sudah tiba di Palembang. Dua mobil hidrogen ini merupakan keluaran terbaru dari pabrikan Renault, yang telah di modifikasi oleh Ecubes Arcola dengan para ilmuwan terkemuka dari Imperial College Inggris. Rencananya dua minivan hydrogen ini akan dihadirkan di Jakabaring Sports City (JSC) Palembang, selama Asian Games 2018 berlangsung.

Baca juga: Palembang Dapat Bantuan Mobil Listrik Hidrogen, Ini Dia Bedanya dengan Mobil Listrik Biasa!

Misi program di Indonesia, adalah untuk mendemonstrasikan bagaimana infrastruktur tenaga dapat dirancang untuk memungkinkan energi bersih, terjangkau dan udara bersih untuk semua orang. Program ini sudah mulai memberikan peluang menarik bagi pengembangan ekonomi baru, rendah karbon dan menyeluruh di Indonesia.

Program untuk Asian Games 2018 adalah pendahulu sebelum Olimpiade Tokyo 2020 di mana tenaga dan transportasi yang menggunakan hidrogen akan menjadi bagian penting dari infrastruktur.