Bus TransJakarta Zhongtong Terbaru Diklaim Ramah Lingkungan

Fleets-and-Fuels.com

TransJakarta yang saat ini menggunakan bus merek Scania, kembali menambah armada barunya dengan merek Zhongtong pabrikan Tiongkok. Memang kualitas bus ini tidak layak untuk menjadi bus TransJakarta. Sehingga trayek bus Zhongthong ini diberhentikan.

Sebenarnya kedatangan bus merek Zhongtong ini bukanlah pembelian baru, melainkan bagian dari perjanjian lama yang sempat tertunda di era Kadishub DKI Jakarta Udar Pristono. Diketahui, bus merek Zhongtong terbaru yang digunakan untuk TransJakarta ini memiliki spesifikasi yang mulai membaik.

Dikutip dari sindonews.com, teknologi manufaktur yang digunakan bus ini, menerapkan teknologi Eropa. Bus yang sudah mengantongi ISO 9001 dan sertifikat 3C ini memiliki kelebihan hemat energi dan ramah lingkungan. Bus ini mampu melaju dalam kecepatan maksimal 80 km per jam dengan panjang bus mecapai 18 meter ini dengan menggunakan mesin diesel. Bus ini bisa melaju dengan kecepatan 80 km per jam dikarenakan memiliki bagian depan seperti peluru sehingga mengurangi tekanan angin dari depan.

About-Buses
About-Buses

Bus merek Zhongtong ini merupakan bus milik operator bus Perum Pengangkutan Djakarta (PPD) yang pengadaannya belum terpenuhi pada tahun 2013 lalu. Bus baru ini beroperasi pada koridor 1 Blok M – Kota. Tak hanya memiliki sertifikat ISO, bus yang diklaim masih baru bukan bus bekas ini, sudah dilengkapi dengan sensor pemadam kebakaran dan sudah dipasangi empat titik CCTV, semua ini juga sudah di jamin oleh PPD sebagai pemilik operator.

Zhongtong terbaru yang digunakan untuk TransJakarta memiliki berat 28.000 kg dengan model WP12.336N/YC6L330-30ISLE+300B. Dengan sasis standar konfigurasi dengan air suspension 2 didepan dan ditengah, 4 rear dan 4 airbag.

wartakota
wartakota

Zhongtong Bus
Zhongtong Bus Holding Co, Ltd adalah manufaktur bus yang terdaftar di Tiongkok dengan total aset sekitar Rp 13,5 triliun. Dengan pekerja sebanyak 4 ribu staff dan memiliki 1.300 alat produksi dengan teknologi Belanda dan standar internasional untuk membuat bus baru yang hemat energi.

Hingga kini, Zhongtong telah memproduksi bus lebih dari 40 tahun dan tumbuh menjadi ahlinya dibidang manufaktur bus. Selama 40 tahun ini, telah mendapat banyak sertifikat dari berbagai negara dan didedikasi oleh penelitian keselamatan terkait bus hemat energi yang dimiliki Zhongtong.

Melalui energi barunya sudah Zhongtong menghasilkan 200 hak paten dari 30 standar negara dan memperoleh 50 peghargaan baik domestik maupun internasional. Tak hanya itu, Zhongtong juga telah menjadi pelopor majunya industri bus di Tiongkok. Salah satu perkembangan teknologi yang sudah menjadi bukti keberhasilan Zhongtong di mata dunia adalah penggunaan teknologi terkemuka pada bus yang melayani kegiatan internasional terpenting yakni Olimpiade Beijing 2011 lalu.