California Hadirkan AutoX, Mobil Otonom Pengantar Barang Pesanan

AutoX, mobil otonom pengantar sayur (newatlas.com)

Belanja sayur dan kebutuhan dapur dengan cara online mungkin sudah banyak dilakukan masyarakat saat ini dan biasanya diantar via kurir. Tetapi bagaimana bila berbelanja sayur dan kebutuhan dapur diantar dengan mobil tanpa awak?

Baca juga: Baidu Uji Coba Mobil Otonom Berbasis Android Apollo

AutoX, startup kendaraan otomon baru saja meluncur di jalanan California pada Senin (27/8/2018) kemarin. Kehadiran layanan AutoX sendiri saat ini baru saja tersedia bagi pengguna yang berlokasi di area geo-fenced di seluruh San Jose.

KabarPenumpang.com melansir dari laman newatlas.com (28/8/2018), dengan menggunakan aplikasi yang kini baru tersedia di Apple Store, pelanggan bisa memesan dan membeli makanan yang ada di mobil otonom AutoX dari toko online GrubMarket. GrubMarket sendiri menjadi sumber produk segar dari berbagai produsen lokal.

Nantinya barang pesanan pelanggan tersebut di pusat pengiriman akan diletakkan di bagasi dan diantar menuju ke pemesan dengn mobil tanpa awak. Tenang saja untuk kesegaran bahan makanan yang diantar seperti sayur, suhu mobil sudah dikontrol dengan baik.

Barang tambahan yang bisa di pilih pada mobil otonom AutoX (newatlas.com)

Nantinya setelah mobil sampai di tujuan, aplikasi akan memberitahu pelanggan sehingga bisa keluar untuk mengambil pesanan mereka dalam mobil tanpa awak itu. Untuk membuka pintu belakang atau bagasi mobil, pelanggan meng-klik pesanan dan bisa mengambilnya.

Tak hanya barang pesanan saja, mobil tanpa awak ini juga menjajakan makanan dan minuman lainnya di sisi kanan kiri dalam mobil dan jendela akan turun secara otomatis sehingga pelanggan bia mengambil barang tambahan yang mereka inginkan. Untuk pembayarannya, sistem komputer mencatat barang apa saja yang diambil sebagai tambahan dan menambahkanya ke tagihan pelanggan.

Baca juga: Mobil Otonom Uber Tabrak Pejalan Kaki Hingga Tewas di Arizona

Aplikasi self-driving dari AutoX menggunakan rangkaian kamera resolusi tinggi yang lebih murah dibandingkan sensor LiDAR (Light Detection and Ranging) yang lebih mahal dan banyak digunakan perusahaan mobil otonom lainnya. Kamera dengan resolusi tinggi ini juga dipandu GPS untuk mendeteksi rintangan seperti pejalan kaki dan kendaraan lainnya.

Untuk saat ini layanan pengantaran barang belanjaan diberlakukan secara gratis, tetapi barang yang dibeli tetap di kenakan biaya. Nantinya mobil otonom ini akan mengenakan tarif pengantaran setelah uji coba selesai dan biaya yang dikenakan lebih rendah dari pada dengan kurir. Selain di San Jose, mobil otonom AutoX juga akan hadir di kota lainnya seperti Mountain View dan Palo Alto beberapa minggu kedepan.