Call Sign Aneh dan Kece Badai Maskapai Seluruh Dunia, Salah Satunya Cedar Jet

0
Sumber: istimewa

Ketika mengoperasikan pesawat, pilot pasti mengidentifikasinya ke petugas air traffic control (ATC) dengan kombinasi call sign dan nomor penerbangan. Terkait call sign, terkadang sebutannya bisa terdengar unik namun kadang kala justru malah terdengar aneh.

Baca juga: Puluhan Ribu Kali Lakukan Panggilan ke Call Center, Pria Tua ini Diciduk Polisi

Call sign Citilink, misalnya, dikenal sebagai Supergreen. Demikian juga dengan Garuda Indonesia dan Lion Air yang memiliki callsign Indonesia dan Lion Inter. Tentu, call sign tak asal dibuat melainkan berdasarkan sejarah ataupun hal lain yang melekat dengan maskapai tersebut.

Selain call sign di atas, ada begitu banyak call sign di dunia. Namun, tak semuanya unik dan aneh. Karenanya hanya call sign aneh dan unik sajalah yang akan kami rangkum. Untuk lebih lengkapnya, seperti dikutip dari Flight Radar 24, berikut daftar lima call signs unik dan aneh maskapai dunia.

Speedbird – British Airways

Disebutkan, call sign ini jadi salah satu yang paling terkenal di dunia. Tetapi, tak disebutkan itu karena call signnya atau karena maskapainya. Call sign Speedbird British Airways berasal dari nama seekor burung di logo lama.

Springbok – South African Airways

Call sign Springbok menghiasi pesawat maskapai South African Airways sejak awal tahun 1930-an, dan layanan pertamanya ke Eropa pada tahun 1940-an dijuluki “service Springbok”. Layaknya British Airways, sebutan Springbok maskapai ini juga didasari logo pesawat, sekalipun saat ini logo tersebut sudah tak lagi digunakan.

Dynasty – China Airlines

Maskapai penerbangan nasional Taiwan, China Airlines, telah lama menggunakan call sign Dynasti, yang terdengar sangat mewah setiap kali terdengar di radio. Call sign Dynasty maskapai yang belakangan tengah mempertimbangkan untuk mengganti nama agar tak dikira maskapai asal Cina ini, datang dari nama program frequent flyer dan lounge perusahaan.

Baca juga: Gara-Gara Kebelet Buang Air Kecil, Penumpang Diturunkan dari Pesawat

Shamrock – Aer Lingus

Call sign milik maskapai nasional Republik Irlandia ini tak disebutkan dengan jelas asal usulnya. Yang pasti, menurut banyak kalangan, call sign ini cukup terdengar keren dan sudah digunakan sejak maskapai beroperasi tahun 1936.

Cedar Jet – Middle East Airlines

Pohon cedar adalah simbol utama Lebanon bahkan di bendera kebesarannya. Alhasil, maskapai nasional mereka pun, Middle East Airlines, mendapat call sign seperti itu juga dan menjadi salah satu call sign aneh.