Chennai Mofussil, Terminal Bus Terbesar dengan Kapasitas 2.000 Bus

Chennai Mofussil Bus Terminus atau CMBT adalah terminal bus modern yang terletak di kota Chennai, India. Terminal yang dibuka sejak tahun 2002 ini menyediakan layanan transportasi outstation. Terminal dengan luas 150 ribu meter persegi ini merupakan terminal kedua terbesar di dunia setelah terminal Delhi Millennium yang juga India.
Awalnya terminal ini akan di bangun di ujung jalan dekat Pengadilan Tinggi Madras di George Town dengan luas 1,5 hektar. Namun, adanya pertumbuhan penduduk dan permintaan transportasi yang lebih masif, akhirnya CMBT dibangun di Koyambedu, Cehnnai, India.

Terminal ini memiliki 6 jalur dan memilki area parkir untuk bus yang belum beroperasi dan yang beroperasi pada waktu tertentu. CMBT memiliki kapasitas lebih dari 2.000 bus dan 200 ribu penumpang per harinya. Ini dikarenakan Terminal Chennai Mofussil menjadi titik keluar dan masuk yang penting di kota yang terkenal sebagai industri musik Karnatik.

Chennai Mofussil Bus Terminus
Chennai Mofussil Bus Terminus

Hingga kini CMBT mampu menangani lebih dari 500 hingga 3.000 bus dalan satu waktu, serta 250 ribu penumpang pe rharinya. CMBT ini dilengkapi dengan fasilitas ruang tunggu untuk penumpang dengan luas 1.657 meter persegi, tempat parkir untuk becak, taksi dan mobil pribadi 2.300 meter persegi dan 1500 meter persegi untuk parkiran kendaraan roda dua.

Tak hanya fasilitas parkir saja, di CMBT ini juga terdapat 3 hotel, 3 restoran kecil di dalam terminal, 3 kamar ganti, 10 kantor agen perjalanan, toko, supermarket, ATM, kamar sewa (AC/non-AC), toilet, keamanan, ruang kesehatan 24 jam, apotek 24 jam dan WiFi gratis. Adapula fasilitas air minum gratis yang difasilitasi oleh sebuah pabrik pengolahan air minum. Untuk penyandang disabilitas tak perlu khawatir, karena di CMBT sudah disediakan kursi roda.

Sebagai informasi, Chennai merupakan kota terbesar keempat di India dan memiliki jumlah penduduk 4.681.081 jiwa. Dan ini hanya sepersekian dari jumlah total penduduk India yang mencapai lebih dari 1,2 miliar.