Citroën Skate Satukan Beberapa Teknologi Menjadi Kendaraan Serbaguna

0
Citroën Skate dapat dipasang dengan pod penumpang hanya dalam sepuluh detik. Foto: Citroën Communication

Menyatukan beberapa teknologi transportasi berwawasan menjadi kendaraan serbaguna? Rasanya hal ini diperlukan di masa kini dan Citroën telah memperkenalkan konsep mobilitas menarik tersebut. Konsep tersebut adalah Citroën Skate yang merupakan platform kendaraan listrik self-driving.

Baca juga: Mimo C1 Gabungkan Fungsi Skuter dan Troli

Di mana skate ini dapat dipasang dengan berbagai jenis pod tergantung pada pekerjaan yang ada dan memotong profil ramping melalui jalan-jalan untuk meminimalkan gangguan. KabarPenumpang.com melansir dari newatlas.com (3/10/2021), Citroën Skate dirancang untuk beroperasi hampir secara terus-menerus, mengisi ulang dirinya sendiri di pangkalan pengisian induksi khusus untuk tetap bergerak.

Pod “Sofitel En Voyage” untuk Citroën Skate. Foto: Citroën Communication

Kecepatan tertinggi dapat dibatasi hingga 25 km per jam (15 mph) atau 5 km per jam (tiga mil per hour) tergantung pada penggunaannya, sementara suspensi hidraulik melunakkan gundukan dan goncangan bagi mereka yang berada di dalam kabin. Roda yang dirancang bekerja sama dengan Goodyear dilengkapi dengan motor listrik kecil dan ban bulat yang terlihat sebelumnya dari perusahaan, memungkinkan Citroën Skate untuk bergerak ke segala arah.

Kendaraan rancangan Perancis ini berukuran panjang 2,6 meter, lebar 1,6 meter, dan tinggi 51 cm (5,2 x 8,5 x 1,6 kaki) dan dirancang untuk berjalan di jalur khusus sementara sistem manajemen armada yang cerdas mengatur pergerakannya di sekitar kota. Citroën telah memperkenalkan tiga desain pod untuk Skate, yang semuanya dapat dipasang ke platform hanya dalam sepuluh detik dan dua di antaranya dirancang dengan perusahaan hotel Prancis Accor.

Pod Sofitel En Voyage menawarkan jenis kenyamanan tinggi yang mungkin Anda kaitkan dengan merek hotel mewah, memadukan kaca datar, tatakan kayu, beludru oranye darah, dan perabotan mewah dalam sebuah kotak yang cukup besar untuk tiga penumpang. Bagasi dimasukkan ke dalam kompartemen khusus, sementara strip LED menampilkan pesan tentang berita, cuaca dan waktu perjalanan.

Fitur lainnya termasuk bar, sound system, pencahayaan yang dapat disesuaikan dan tablet layar sentuh untuk panggilan konferensi video. Ada juga dirancang dengan Accor adalah pod Pullman Power Fitness, yang bertujuan untuk menggabungkan aktivitas fisik dengan perjalanan.

Mesin dayung dan olahraga dapat ditemukan di dalam gelembung kaca, yang menjamin privasi penumpang tetapi masih memungkinkan untuk melihat ke luar. Pelatih digital dapat diakses melalui layar holografik dan menurut Citroën, latihan yang berlangsung di dalam pesawat bahkan dapat dimanfaatkan untuk membantu mengisi baterai kendaraan.

Baca juga: Mercedes-Benz Luncurkan Skuter Listrik dengan Bandrol Rp19,8 Juta

Pod ketiga, yang disebut JCDecaux City Provider, terinspirasi oleh furnitur jalanan. Kabin tertutup dengan jendela berwarna gelap menawarkan privasi jika perlu, sementara area terbuka berada di seberangnya dengan perlindungan dari elemen yang ditawarkan oleh tenda. Pod Penyedia Kota dirancang untuk lima penumpang, dan dilengkapi dengan pengisian daya USB dan layar interaktif untuk perencanaan perjalanan dan informasi wisata.