Tuesday, March 5, 2024
HomeDaratCoastal Tram - Jalur Trem Terpanjang di Dunia Sepanjang 67 Km

Coastal Tram – Jalur Trem Terpanjang di Dunia Sepanjang 67 Km

Perusahaan transportasi umum Flemish bernama De Lijn mengoperasikan trem yang menghubungkan kota-kota di sepanjang garis pantai Belgia antara De Panne dekat perbatasan Perancis dan Knokke-Heist dekat perbatasan Belanda. Trem bernama Coastal ini memiliki jalur sepanjang 42 mil atau sekitar 67 km dan menjadi yang terpanjang di dunia.

Baca juga: Arsitek Asal Milan Buat Desain Trem yang ‘Friendly’ di Masa Pandemi

Bahkan Coastal Tram menjadi salah satu dari sedikit jalur trem di dunia yang tetap beroperasi. Menjadi yang terpanjang di dunia, ternyata, coastal tram memiliki 67 pemberhentian yang mana beroperasi sangat sering yakni setiap sepuluh menit di musim panas dan 20 menit selama musim dingin.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, penumpang yang menggunakan Coastal Tram sendiri lebih dari 15 juta penumpang per tahun. Pada tahun 2021 ini, trem CAF Urbos baru akan mulai beroperasi untuk menggantikan trem lama. Mereka benar-benar berlantai rendah dan lebih panjang dari trem tua.

Trem baru ini memiliki posisi mengemudi di dua ujung sisinya sehingga tidak harus berputar untuk berbalik arah seperti trem model lama yang hanya memiliki satu kepala kemudi sehingga membuatnya harus berbalik ketika akan berpindah arah. Trem ini menghadirkan pemandangan laut antara Ostend dan Middelkerke.

Jalur ini melalui bukit pasir di De Haan dengan kecepatan tinggi, dan dua rute alternatif yang ada di sekitar kedua ujung kunci Leopoldkanaal, tepat di sebelah timur Zeebrugge dan single serupa melacak pengalihan di sekitar ujung pedalaman kunci Boudewijnkanaal. Itu menghindari penundaan ketika jembatan jalan yang biasanya dilalui jalur trem dinaikkan untuk kapal-kapal yang lewat di bawahnya.

Bahkan ada fitur serupa di ujung selatan stasiun Ostend di sekitar pintu masuk kunci ke Vlotdok. Kecepatan maksimum resmi coastal tram adalah 78 kilometer per jam (48 mph). Kecepatan ini biasa terjadi di antara desa-desa. Dengan memiliki lantai rendah, Coastal Tram dilengkapi dengan dua motor yang memiliki tegangan 600 VDC.

Dilengkapi dengan 83 kursi dan bisa menampung 196 penumpang berdiri, Coastal Tram merupakan bagian pertama dari jalur antara Ostend dan Nieuwpoort yang dibuka pada tahun 1885. Meskipun rute aslinya lebih jauh ke pedalaman daripada yang modern dan hanya bagian pendek dari bagian asli di pusat Ostend dan Nieuwpoort yang masih beroperasi.

Baca juga: HK Tram Green, Ikon Hong Kong yang Diakui Dunia

Pada pembuatannya, jalur ini dikelola oleh NMVB (Nationale Maatschappij van Buurtspoorwegen), yang mengoperasikan sistem trem antar kota di seluruh Belgia. Pada tahun 1991, NMVB/SNCV dipecah menjadi dua perusahaan regional, satu Walloon dan yang lainnya Flemish. Di mana perusahaan penerus Flemish, Vlaamse Vervoermaatschappij De Lijn bertanggung jawab atas pengoperasian trem pantai atau coastal tram.






















RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru